Roboguru

Amanat yang terkandung dalam kutipan puisi tersebut adalah ...

Pertanyaan

Amanat yang terkandung dalam kutipan puisi tersebut adalah ...undefined

  1. Hargailah kerja keras para petani untuk menghidupi keluarga.undefined

  2. Para petani ikhlas mengerjakan lahan yang bukan miliknya sendiri.undefined

  3. Kesejahteraan petani harus menjadi tanggung jawab para penguasa.undefined

  4. Ketekunan dalam bekerja akan membuahkan hasil yang memuaskan.undefined

Pembahasan Soal:

Struktur batin puisi meliputi tema, rasa, nada, dan amanat yang diungkapkan secara tersirat melalui rangkaian kata yang disusun oleh penyair. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis pada para pembacanya. Adapun untuk mengetahui amanat dalam sebuah puisi dapat dilakukan dengan cara membaca keseluruhan isi puisi secara saksama serta memaknai kata per kata atau per bait.
 

  1. Makna pada bait pertama dari kata “Angin gunung hingga kata bagi penduduknya” adalah tentang keadaan petani di negara kita yang sangat memperihatinkan. Mereka bekerja sepenuh hati, tetapi hasil kerja keras mereka sama sekali tidak menjamin mereka hidup makmur.
  2. Makna bait kedua dari kata “Para tani hingga kata sendiri sengsara” adalah tentang kehidupan seorang buruh tani yang penuh ironi. Mereka memanen hasil dengan sukses, tetapi kesuksesan itu tidak diperuntukkan bagi kehidupan mereka yang dibuktikan dengan kalimat “berumah di gubug-gubug tanpa jendela” dan “mereka sendiri sengsara”.
  3. Makna bait ketiga dari kata “Mereka memanen hingga kata di Eropa" adalah bahwa kerja keras para petani hanya dinikmati oleh orang-orang kalangan atas (bos). Kerja keras mereka adalah harta karun bagi bangsa-bangsa penguasa (Eropa).


Berdasarkan makna pada setiap bait, amanat yang ingin disampaikan oleh penyair dalam puisi tersebut adalah bahwa kita harus menghargai hasil kerja keras seseorang dalam menghidupi keluarganya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Puisi I Puisi II Pemuda untuk Perubahan Indonesia menangis Bahkan tercabik Dengan hebatnya penguasa korupsi Tak peduli rakyat menangis Dan banyak menjad...

Pembahasan Soal:

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata . Puisi memiliki struktur batin sebagai pembangun puisi, salah satunya adalah amanat. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca.
Puisi I berisi tentang keadaan rakyat Indonesia yang semakin menderita akibat penguasa yang melakukan tindakan korupsi. Para koruptor tidak memedulikan rakyat yang semakin menderita dan bahkan menjadi pengemis di negeri sendiri. Puisi ini berpesan kepada siapa pun yang ingin menjadi pemimpin untuk tidak menjadi pemimpin yang korupsi.
Puisi II berisi tentang keadaan rakyat Indonesia yang sengsara karena pemimpin yang tidak bijaksana. Disebutkan bahwa seharusnya seseorang yang tidak memiliki sifat bijaksana tidak boleh memimpin negeri ini. Dengan kata lain, jika seseorang menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bijaksana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Baris puisi yang dibacakan dengan gembira adalah....

Pembahasan Soal:

Secara umum, puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Puisi dibuat atas dasar ungkapan perasaan penyair dengan rangkaian bahasa yang indah serta mengandung makna, irama, rima, dan bait. Ketika membacakan puisi, kita perlu memperhatikan intonasi, artikulasi, ekspresi, dan suasana yang digambarkan dalam puisi. Contoh baris puisi yang dibacakan dengan gembira adalah /Percikan ke muka segar rasanya/.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Tentukan tema puisi tersebut! Jelaskan jawaban Anda!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karangan yang dibuat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menonjolkan penggunaan kata-kata yang indah. Kita dapat menuangkan berbagai gagasan dan pikiran menjadi sebuah barisan kata yang indah.  Teks puisi dibentuk oleh struktur fisik  yaitu majas, rima, kata konotasi, dan kata-kata berlambang. Selain itu dibentuk pula oleh struktur batin yakni tema, nada, suasana, rasa, dan amanat. Seperti pada puisi tersebut yang telah dibentuk oleh unsur-unsur dari struktur fisik dan struktur batin. Puisi yang berjudul "Tuhan, Kita Begitu Dekat" memiliki tema keagamaan yang mengungkapkan perasaan penulis sebagai hamba yang merasa bahwa Tuhan itu dekat.

Dengan demikian, tema puisi tersebut adalah ungkapan perasaan seorang hamba yang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan judul dari puisi tersebut dan penggunaan kata-kata "kita begitu dekat" yang terus diulang pada setiap bait.space 

0

Roboguru

Suasana dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut. Puisi tersebut menggambarkan keadaan hujan dengan suasana yang sunyi.

Dengan demikian, suasana dalam kutipan puisi tersebut adalah hening.space 

0

Roboguru

Pesan yang terkandung dalam puisi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Pesan adalah salah satu bagian dari struktur batin puisi. Amanat atau tujuan merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh penyair dalam puisinya kepada para pembaca.

Pesan yang ingin disampaikan penyair adalah Manusia tidak akan pernah dapat menghitung nikmat Tuhan. Hal ini terkandung dalam larik terakhir, yaitu bersarang dalam rahmat-Mu yang sia-sia kuhitung. Maksud yang sia-sia kuhitung disini adalah, rahmat Tuhan tidak akan bisa dihitung oleh manusia, sehingga menghitung rahmat Tuhan yang begitu banyaknya adalah pekerjaan yang sia-sia. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved