Roboguru

Aluminium sebenarnya tergolong logam aktif (E∘ = -1 ,66 volt). Akan tetapi, aluminium tahan korosi dan tidak larut dalam asam oksidator, seperti HNO3​ dan asam sulfat pekat. Kekurangaktifan aluminium tersebut disebabkan oleh ....

Pertanyaan

Aluminium sebenarnya tergolong logam aktif (begin mathsize 14px style E degree end style = -1 ,66 volt). Akan tetapi, aluminium tahan korosi dan tidak larut dalam asam oksidator, seperti begin mathsize 14px style H N O subscript 3 end style dan asam sulfat pekat. Kekurangaktifan aluminium tersebut disebabkan oleh ....

  1. aluminium mempunyai tiga elektron valensi

  2. aluminium tidak larut dalam air

  3. aluminium mempunyai massa jenis yang relatif rendah

  4. permukaan aluminium ditutupi lapisan oksida

  5. aluminium bersifat amfoter

Pembahasan Soal:

Meskipun logam aluminium memiliki potensial reduksi yang cukup negatif, namun logam ini cenderung tahan terhadap korosi karena permukaannya terlapisi oleh lapisan oksida yang melindungi aluminium di lapisan dalamnya dari reaksi oksidasi lebih lanjut.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Nurul

Mahasiswa/Alumni Universitas Lambung Mangkurat

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Aluminium mempunyai sifat tahan terhadap korosi dan ringan. Berdasarkan sifat tersebut, salah satu kegunaan aluminium dalam industri pesawat terbang adalah untuk ...

Pembahasan Soal:

Unsur periode ketiga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah alumunium.

Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik karena ringan dan kuat. Merupakan konduktor yang baik juga untuk panas. Dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang.

Kekuatan alumunium terhadap korosi menjadi lebih baik setelah dipadukan dengan 5% magnesium membentuk magnalium. Paduan aluminium ini digunakan dalam banyak hal secara luas salah satu diantaranya digunakan untuk bahan bingkai jendela dan badan pesawat terbang. 

Jadi, salah satu kegunaan aluminium dalam industri pesawat terbang adalah untuk membuat magnalium.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Mengapa logam aluminium tidak mengalami korosi terus-menerus seperti logam besi? Jelaskan.​

Pembahasan Soal:

Peristiwa korosi menyebabkan timbulnya senyawa karat pada logam yang disebabkan oleh adanya oksidasi. Almunium dan Besi sama-sama mengalami oksidasi hanya saja sifat perubahan yang terjadi sangat berbeda. Perbedaan perubahannya sebagai berikut.

  • Besi (Fe) yang teroksidasi memiliki membentuk karat dengan rumus Fe subscript 2 O subscript 3 point xH subscript 2 O dimana karat yang terbentuk pada logam akan mempercepat pengkaratan berikutnya. Bentuk karat pada besi memiliki bentuk yang tidak indah dan sering kali menjadi gangguan.
  • Aluminium juga mengalami perkaratan, namun ketika terjadi reaksi terbentuk lapisan aluminium oksida (Al subscript 2 O subscript 3). Lapisan aluminium oksida ini mencegah terjadinya oksidasi lebih jauh. Pelapisan terbentuk menjadi lapiran rata yang menyelimuti logam sangat berbeda dengan perkaratan pada besi yang memiliki bentuk tidak rata.

Dengan demikian, logam aluminium dapat mengalami korosi secara lambat dan tidak terus-menerus karena adanya lapisan oksida Al subscript 2 O subscript 3 yang dapat melindungi logam tersebut.

Jadi, logam aluminium tidak mengalami korosi terus-menerus yang disebabkan adanya lapisan Al subscript 2 O subscript 3 sebagai pelindung sehingga tidak terjadi oksidasi lebih jauh.

0

Roboguru

Di antara unsur-unsur golongan alkali tanah yang sifatnya mirip dengan aluminium adalah ….

Pembahasan Soal:

Dalam banyak hal, berilium lebih mirip dengan alumunium dari golongan IIIA. Hubungan seperti itu disebut hubungan diagonal. Hubungan diagonal juga diperlihatkan oleh litium yang mirip dengan magnesium dan boron yang mirip dengan silikon.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Aluminium merupakan logam yang lebih aktif daripada besi. Namun, mengapa logam ini lebih awet atau tidak mudah berkarat dibandingkan dengan besi?

Pembahasan Soal:

Korosi terjadi karena adanya reaksi oksidasi. Alumunium lebih lambat proses oksidasinya dibandingkan besi karena alumunium memiliki lapisan oksida Al subscript 2 O subscript 3 di permukaan logam segera setelah aluminium terpapar oleh udara bebas. Fungsi dari lapisan oksida ini adalah mencegah terjadinya korosi lebih lanjut.

Jadi, alumunium memiliki lapisan oksida yang mencegah proses korosi lebih jauh sedangkan besi tidak.space 

0

Roboguru

Aluminium memiliki banyak kegunaan, terutama karena aluminium tahan karat dan massa jenisnya yang relatif rendah. Jelaskan mengapa aluminium tahan karat padahal aluminium tergolong logam aktif. (E∘Al3...

Pembahasan Soal:

Logam aluminium memiliki potensial reduksi begin mathsize 14px style left parenthesis E to the power of o right parenthesis end style yang cukup rendah yaitu -1,66 volt sehingga aluminium mudah mengalami oksidasi. Meskipun begitu, aluminium termasuk logam yang tahan karat karena proses oksidasi aluminium dihasilkan aluminium oksida begin mathsize 14px style open parentheses Al subscript 2 O subscript 3 close parentheses end style. begin mathsize 14px style Al subscript 2 O subscript 3 end style merupakan lapisan tipis oksida yang kuat. Lapisan tipis inilah yang dapat melindungi logam aluminium tersebut terhadap udara, dalam arti lapisan tipis oksida ini cukup kuat untuk menahan oksigen sehingga tidak terbentuk oksidasi lebih lanjut (peristiwa korosi). Selain tidak dapat bereaksi dengan udara, logam aluminium juga tidak dapat bereaksi dengan air karena adanya lapisan tipis oksida ini.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved