Roboguru

Akun pendapatan dari NSSD dipindahkan kekolom ….

Pertanyaan

Akun pendapatan dari NSSD dipindahkan kekolom …. space space 

  1. Neraca sebelah debet space space 

  2. Laba/rugi sebelah kredit space space 

  3. Neraca dan laba/rugi sebelah debet space space 

  4. Neraca sebelah kredit space space 

  5. Laba/rugi sebelah debet space space 

Pembahasan Soal:

Akun pendapatan termasuk kategori akun rill atau akun sementara. Saldo normal pendapatan akan dicatat disebelah kredit jika bertambah dan berkurang didebit. Pada NSSD pendapatan akan dipindahkan ke kolom laba/rugi sebelah kredit. Jika saldo pendapatan lebih besar dari beban maka perusahaan mengalami laba dan sebaliknya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan akun-akun berikut!   Pendapatan jasa Sewa diterima dimuka Asuransi dibayar dimuka Akumulasi penyusutan peralatan Beban yang masih harus dibayar Pendapatan yang masih harus diterima ...

Pembahasan Soal:

Akun di neraca saldo setelah penutupan yang bersaldo kredit yaitu sewa diterima di muka (2), akumulasi penyusutan peralatan (3), dan beban yang masih harus dibayar (5). Pendapatan jasa (1) adalah akun nominal sehingga tidak dicantumkan di neraca saldo setelah penutupan. Asuransi dibayar dimuka (4) dan pendapatan yang masih harus diterima (6) termasuk kelompok akun harta, sehingga di neraca saldo setelah penutupan bersaldo debit.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin C.undefined 

0

Roboguru

Data akun yang dicatat dalam neraca saldo setelah penutupan adalah ....

Pembahasan Soal:

Neraca saldo setelah penutupan adalah neraca yang dibuat dengan mengambil saldo saldo yang ada di dalam setiap akun riil (terdiri dari harta, utang, dan modal) yang terdapat di buku besar setelah dibuat ayat jurnal penutupan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space space  

0

Roboguru

Pada akhir periode akuntansi suatu perusahaan jasa menyusun neraca saldo setelah penutupan. Data yang dibutuhkan untuk menyusun neraca saldo setelah penutupan adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses penutupan siklus akuntansi diawali dari penyusunan jurnal penutup, yaitu jurnal untuk menutup akun akun nominal. Setelah akun nominal dipindahkan ke akun ikhtisar laba/rugi, proses berikutnya memindahbukukan akun-akun ke dalam buku besar setelah penutupan. Dalam buku besar setelah penutupan terdapat akun nominal dan akun riil yang harus ditutup pada akhir periode akuntansi.

Setelah penyusunan buku besar, saldo-saldo yang terdapat dalam buku besar setelah penutupan dipindahkan ke neraca saldo setelah penutupan. Fungsi penyusunan neraca saldo setelah penutupan adalah memeriksa keseimbangan posisi debit dan kredit akun-akun buku besar sebelum dilakukan pencatatan pada periode akuntansi berikutnya. Maka data yang dibutuhkan untuk menyusun neraca saldo setelah penutupan adalah saldo akun buku besar.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Akun apa saja yang disusun dalam neraca saldo setelah penutupan?

Pembahasan Soal:

Akun yang disusun dalam neraca saldo setelah penutupan adalah akun riil yang terdiri dari harta, utang, dan modal.  

0

Roboguru

Menurut IFRS, salah satu laporan yang harus disiapkan adalah laporan posisi keuangan awal tahun. Apakah ada hubungan dari neraca saldo setelah penutupan dengan laporan perubahan posisi keuangan awal t...

Pembahasan Soal:

Pada prinsip akuntansi, ada prinsip yang mengatakan dapat dibandingkan. Hal ini perlu sebagai informasi awal yang akan berlanjut selama entitas menyelenggarakan proses akuntansi. Laporan posisi keuangan awal disajikan pada saat entitas menerapkan kebijakan akuntansi yang retrospektif, menyajikan ulang, atau mengklasifikasi ulang pos-pos yang terdapat pada laporan keuangan.

Neraca saldo setelah penutup dibuat dengan mencantumkan saldo-saldo akun terbuka. Jadi, angka-angka pada neraca saldo setelah penutupan harus sama dengan angka-angka yang terdapat pada akun terbuka dan saldo-saldo tersebut akan menjadi saldo awal tiap akun pada periode pelaporan berikutnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka dalam membuat laporan posisi keuangan awal tahun buku bersumber dari naraca saldo setelah penutupan, dimana saldo-saldo dalam neraca setelah penutupan merupakan saldo terbuka yang menjadi saldo awal tiap akun pada periode pelaporan berikutnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved