Roboguru

Ahli ekonomi berikut yang merupakan pelopor ekonomi makro adalah ....

Pertanyaan

Ahli ekonomi berikut yang merupakan pelopor ekonomi makro adalah ....space space  

  1. J.S Miilspace space 

  2. Adam Smithspace space 

  3. Pigouspace space 

  4. Marshallspace space 

  5. J.M Keynesspace space 

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro beserta contohnya : 

  • Ekonomi Mikro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang berfokus untuk mempelajari perilaku dan kegiatan ekonomi individu. Selain itu, ekonomi mikro juga membahas tentang alokasi sumber daya, pasar, dan tiga masalah pokok ekonomi. Tokoh/ahli yang mempelopori ekonomi mikro adalah Adam Smith. Contoh yang termasuk ke dalam rumpun ekonomi mikro adalah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Ekonomi Makro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat). Tokoh/ahli yang mempelopori ekonomi makro adalah John Maynard Keynes. Contoh hal yang dibahas dalam ekonomi makro adalah pendapatan nasional, tenaga kerja, pengangangguran, dan lain - lain. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Nurlaila

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengerian Ilmu Ekonomi adalah ….

Pembahasan Soal:

Ilmu ekonomi adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja system ekonomi.

Ilmu ekonomi mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan sumber daya yang terbatas itu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space  

0

Roboguru

Peristiwa khawatirnya pengamat ekonomi atas meningkatnya inflasi akibat pesatnya pertumbuhan termasuk masalah ....

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro beserta contohnya : 

  • Ekonomi Mikro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang berfokus mempelajari perilaku dan kegiatan ekonomi individu. Selain itu, ekonomi mikro juga membahas tentang alokasi sumber daya, pasar, dan tiga masalah pokok ekonomi. Tokoh/ahli yang mempelopori ekonomi mikro adalah Adam Smith. Contoh yang termasuk ke dalam rumpun ekonomi mikro adalah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Ekonomi Makro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat). Tokoh/ahli yang mempelopori ekonomi makro adalah John Maynard Keynes. Contoh hal yang dibahas dalam ekonomi makro adalah pendapatan nasional, tenaga kerja, pengangangguran, dan lain - lain. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, peristiwa meningkatnya inflasi akibat pertumbuhan ekonomi termasuk kedalam pembahasan ekonomi makro. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

0

Roboguru

Tujuan ekonomi mikro dan makro   1. Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa 2. Menganalisa kegagalan pasar 3. Menganalisa sejauhmana penggunaan sumber daya dalam kegiatan ek...

Pembahasan Soal:

Ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari peristiwa ekonomi secara keseluruhan dan berdampak luas. Teori ekonomi makro mempelajari ekonomi secara keseluruhan yang berdampak luas bukan hanya bagi rumah tangga dan perusahaan melainkan secara nasional. 

Tujuan ekonomi mikro dan makro

  1. Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa (MIKRO).
    Hal ini dikarenakan yang dibahas adalah mekanisme pasar. Mekanisme pasar merupakan contoh peristiwa dalam ekonomi mikro, hal ini dikarenakan kondisi dan kejadian di tiap pasar berbeda. Sehingga kebijkan ataupun kejadian yang ada di satu pasar belum tentu dapat diterapkan atau terjadi di pasar yang lain. Dikarenakan cakupan yang kecil inilah tujuan pernyataan 1 merupakan tujuan ekonomi mikro. 
  2. Menganalisa kegagalan pasar (MIKRO).
    Sama seperti pernyataan 1, pernyataan 2 membahas tentang pasar. Setiap pasar pasti memiliki kondisi yang berbeda baik dari sisi lokasi, barang yang dijual ataupun harga yang berlaku. Perbedaan inilah yang menyebabkan alasan kegagalan di setiap pasar juga berbeda. Tidak bisa disamakan, hal ini menandakan bahwa cakupan dalam permasalah pasar menggunakan lingkup yang kecil. Sehingga pernyataan ini masuk ke dalam ekonomi mikro.
  3. Menganalisa sejauh mana penggunaan sumber daya dalam kegiatan ekonomi (MAKRO).
    Pernyataan ini merupakan tujuan dari ekonomi makro. Di sini yang dibahas adalah penggunaan sumber daya alam yang dimiliki negara, karena membahas mengenai penggunakan sumber daya miliki negara otomatis cakupan yang dibicarakan merupakan cakupan yang luas dan berdampak pada negara. Sehingga pernyataan 3 masuk ke dalam ekonomi makro. 
  4. Menganalisa sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil (MAKRO).
    Pernyataan ini merupakan tujuan dari ekonomi makro. Msalah yang dibahas adalah kondisi perekonomian. Ketika membahas kondisi perekonomian, maka yang akan kita bahas adalah kondisi ekonomi secara keselurahan atau nasional. Jadi dengan kata lain kita membahas kondisi ekonomi negara. Karena cakupan yang dibicarakan merupakan cakupan di satu negara maka pernyataan ini masuk ke dalam lingkup ekonomi makro.  
  5. Menganalisa sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan (MAKRO).
    Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi kenaikan produk yang dihasilkan oleh satu negara. Oleh karena yang dilihat dalam pertumbuhan adalah kondisi ekonomi 1 negara, maka dapat disimpulkan cakupan pertumbuhan ekonomi merupakan cakupan yang luas dan berdampak pada 1 negara. Sehingga pernyataan ini masuk ke dalam lingkup ekonomi makro.  

Jadi jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

llmu ekonomi yang membahas masalah ekonomi secara keseluruhan disebut . . . .

Pembahasan Soal:

Teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro dan ekonomi mikro. Pengertian ekonomi makro dan ekonomi mikro adalah sebagai berikut.

  1. Ekonomi makro
    Ekonomi makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro meneliti fenomena ekonomi yang luas, seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat harga.
  2. Ekonomi mikro
    Ekonomi mikro adalah bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

Jadi, ilmu ekonomi yang membahas masalah ekonomi secara keseluruhan adalah ekonomi makro.undefined 

0

Roboguru

Harga barang - barang naik secara terus - menerus dan berlangsung lama. Kondisi ini menggambarkan permasalahan yang dihadapi ....

Pembahasan Soal:

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kondisi disaat harga barang - barang naik secara terus menerus dan berlangsung secara lama disebut dengan inflasi, dan berikut ini adalah penjelasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro beserta contohnya : 

  • Ekonomi Mikro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang berfokus pada mempelajari perilaku dan kegiatan ekonomi individu. Selain itu, ekonomi mikro juga membahas tentang alokasi sumber daya, pasar, dan tiga masalah pokok ekonomi. Contoh yang termasuk ke dalam rumpun ekonomi mikro adalah kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Ekonomi Makro, yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat). Contoh hal yang dibahas dalam ekonomi makro adalah pendapatan nasional, tenaga kerja, pengangangguran, inflasi dan lain - lain. space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved