Roboguru

Adanya senyawa karbon dalam suatu zat dapat diketahui dengan cara membakar zat tersebut. Jika zat mengandung senyawa karbon, maka pembakaran sempurna zat akan menghasilkan ....

Pertanyaan

Adanya senyawa karbon dalam suatu zat dapat diketahui dengan cara membakar zat tersebut. Jika zat mengandung senyawa karbon, maka pembakaran sempurna zat akan menghasilkan ....space

  1. gas oksigenspace

  2. gas karbon dioksidaspace

  3. gas karbon monoksidaspace

  4. air kapurspace

  5. endapan kapurspace

Pembahasan Soal:

Identifikasi apakah suatu bahan (zat) merupakan senyawa karbon atau tidak, dapat dilakukan dengan membakar bahan tersebut. Pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon akan menghasilkan zat sisa berupa arang (jelaga) atau karbon. Sedangkan bila pembakarannya berlangsung sempurna, maka akan menghasilkan gas C O subscript 2.

Keberadaan gas C O subscript 2 ini dapat diketahui dengan cara mengalirkannya ke air kapur (larutan Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 atau air barit (larutan Ba open parentheses O H close parentheses subscript 2). Apabila senyawa yang dibakar sempurna merupakan senyawa karbon (menghasilkan CO), maka air kapur atau air barit akan menjadi keruh.

Berdasarkan uraian di atas, jika zat mengandung senyawa karbon, maka pembakaran sempurna zat akan menghasilkan gas karbon dioksidaspaceatau C O subscript 2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 21 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved