Roboguru

Ada berbagai bentuk gemeinschaft, di antaranya adalah kelompok trah dan marga. Kelompok tersebut termasuk dalam contoh bentuk gemeinschaft ....

Pertanyaan

Ada berbagai bentuk gemeinschaft, di antaranya adalah kelompok trah dan marga. Kelompok tersebut termasuk dalam contoh bentuk gemeinschaft .... 

  1. of mind 

  2. by blood 

  3. by place 

  4. by crowd 

  5. by person 

Pembahasan Soal:

Pada soal ini membahas mengenai konsep kelompok sosial menurut ahli sosiologi yaitu Ferdinand Tonnies. Gemeinschaft atau dikenal dengan paguyuban merupakan kelompok sosial yang anggotanya memiliki hubungan batin yang sangat kuat, dekat, dan bersifat alamiah. Pada paguyuban berisi anggota yang memiliki kesadaran dan interaksi untuk hidup bersama. Paguyuban dibagi menjadi tiga bentuk yaitu:

  • Gemeinschaft by blood : merupakan hubungan yang didasarkan pada keturunan, ikatan darah, atau kekerabatan. Contohnya sering terjadi pada keluarga yaitu adanya marga, trah ataupun klan.
  • Gemeinschaft by place : merupakan hubungan yang didasarkan tempat tinggal. Contohnya RT ataupun RW
  • Gemeinschaft by mind : merupakan hubungan yang disebabkan adanya persamaan pandangan.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Hubungan sosial di ikat oleh garis keturunan yang jelas (2) Setiap orang mengurus dirinya tanpa bergantung orang lain (3) Kelompok yang terbentuk karena kedekatan...

Pembahasan Soal:

Gemeinschaft atau paguyuban adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian). Berdasarkan penjelasan ini maka ciri yang menggambarkan kelompok paguyuban ditunjukkan oleh opsi jawaban C.

Sementara itu, gesselschaft atau patembayan adalah kelompok sosial untuk waktu yang pendek, strukturnya mekanis, dan biasanya bersifat profesional. Contoh: ikatan antarpedagang dan organisasi dalam sebuah pabrik (serikat buruh).

0

Roboguru

Beberapa kelompok sosial: (1) Murid dan guru di suatu sekolah (2) Perkumpulan pedagang keramik (3) Keluarga besar Trah Pak Budi (4) Ayah, ibu anak-anak dan sanak famili (5) Perkumpulan pecinta bu...

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial yang terbentuk karena hubungan batin yang kuat dan relatif permanen adalah konsep dari kelompok paguyuban atau gemeinschaft. Paguyuban identik dengan kelompok sosial yang ada dalam masyarakat tradisional atau desa karena menekankan pada kesadaran kolektif, ikatan batin yang kuat sehingga hubungan bersifat langgeng atau permanen. Berdasarkan pernyataan yang termasuk dalam kelompok tersebut yaitu:

  • Keluarga besar Trah Pak Rudi (gemeinschaft by blood)
  • Ayah, ibu, anak-anak dan sanak famili (gemeinschaft by blood)
  • Perkumpulan pecinta budaya tradisional (gemeinschaft by mind)

Adapun penjelasan lain dari pernyataan sebagai berikut:

  • Murid dan guru di suatu sekolah merupakan kelompok patembayan
  • Perkumpulan pedagang keramik merupakan kelompok patembayan

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Badan Usaha Milik Begara (BUMN) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Keluarga besar Martoyu dan Suromenggolo Rukun Tetangga / Rukun Warga (RT / RW) Perkumpula...

Pembahasan Soal:

Kelompok gemeinschaft adalah kelompok sosial yang bersifat intimate, private, dan eksclusive. Intimate artinya masing-masing anggota dalam kelompok saling memiliki hubungan sosial yang akrab. Lalu private di mana kelompok dikhususkan untuk beberapa orang saja. Terakhir eksclusive di mana kelompok dibentuk hanya untuk anggotanya, bukan untuk orang lain. Berdasarkan pilihan pada soal, yang termasuk kelompok gemeinschaft adalah 3, 4, dan 5. Pilihan 3 yaitu Ikatan Keluarga Besar Martoyu dan Suromenggolo adalah kelompok gemeinschaft by blood atau kelompok paguyuban berdasarkan ikatan darah. Pilihan 4 yaitu kelompok masyarakat RT/RW adalah gemeincshaft by place atau ikatan paguyuban berdasarkan kesamaan daerah tempat tinggal. Terakhir pilihan 5 yaitu Perkumpulan Pecinta Motor Gede Karawang adalah gemeinschaft by mind atau orang-orang yang membentuk kelompok berdasarkan kesamaan hobi atau keahlian.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Hubungan sosial di ikat oleh garis keturunan yang jelas Setiap orang mengurus dirinya tanpa bergantung orang lain Kelompok yang terbentuk karena kedekatan tempat t...

Pembahasan Soal:

Kelompok paguyuban atau gemeinschaft adalah kelompok sosial yang ikatan antarindividunya sangat kuat. Kelompok paguyuban biasanya terbentuk karena kesamaan genealogis atau garis keturunan. Hingga tidak heran jika ada kelompok paguyuban seperti Keluarga Besar Marga Nasution atau Keluarga Besar Marga Latuconsina. Selain berdasarkan ikatan genealogis, kelompok paguyuban juga bisa terbentuk karena kedekatan tempat tinggal seperti Kelompok Karang Taruna RW 08 Kecamatan Tebet. Kelompok ini dibentuk atas dasar kedekatan tempat tinggal. Kelompok paguyuban juga bisa saja dibentuk karena kesamaan daerah asal. Biasanya kelompok seperti ini dibentuk oleh masyarakat di daerah perantauan. Seperti misalnya Ikatan Mahasiswa Indonesia Universitas Leiden. Kelompok seperti ini dibentuk oleh mahasiswa Indonesia yang berada di Universitas Leiden. Biasanya kelompok paguyuban di perantauan dibentuk untuk memperkuat kebudayaan lokal, membangun solidaritas antarsesama anggota, dan menjadi pelindung di tempat perantauan.

0

Roboguru

Perhatikan kelompok- kelompok berikut.     Rukun Tetangga Keluarga Warga Desa Suka Cita lkatan warga negara Indonesia     Kelompok tersebut merupakan contoh dari .. ..

Pembahasan Soal:

Poin soal menunjukkan empat contoh dari suatu bentuk kelompok sosial. Poin pertanyaannya adalah bentuk kelompok sosial sesuai empat contoh tersebut.

Salah satu bentuk kelompok sosial adalah bentuk kelompok dari Ferdinand Tonnies. Bentuk kelompok sosial menurut Ferdinand Tonnies adalah paguyuban dan patembayan. Paguyuban merupakan bentuk kelompok sosial dimana para anggota – anggotanya memiliki keterikatan hubungan batin yang cukup murni karena bersifat alamiah dan juga kekal. Dasar hubungan tersebut adalah rasa persatuan dan kesatuan batin yang sudah dimiliki oleh setiap anggotanya. Kelompok sosial ini bersifat nyata dan juga terorganisir. Contoh paguyuban dalam masyarakat adalah RT, RW, keluarga. Sementara patembayan merupakan bentuk kelompok sosial dimana para anggotanya memiliki keterikatan hubungan yang formal dan mekanis. Jangka waktu hubungannya juga pendek, tidak kekal. Contoh patembayan dalam masyarakat adalah ikatan antarpedagang dan ikatan buruh dalam suatu pabrik.  

Menelaah pada soal, Rukun Tetangga, keluarga, warga Desa Suka Cita, dan ikatan warga negara Indonesia merupakan kelompok sosial yang tiap anggotanya memiliki keterikatan hubungan batin yang cukup murni dan juga kekal karena didasari oleh ikatan yang alamiah yaitu ikatan darah untuk kelompok keluarga, dan ikatan tempat tinggal untuk kelompok Rukun Tetangga, warga Desa Suka Cita, dan ikatan warga negara Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.    

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved