Roboguru

Ada banyak jenis-jenis batuan yang dapat dimanfaatkan dengan cara yang berbeda. Batu Gabro merupakan salah satu contoh batuan ...

Pertanyaan

Ada banyak jenis-jenis batuan yang dapat dimanfaatkan dengan cara yang berbeda. Batu Gabro merupakan salah satu contoh batuan ...undefined 

  1. Beku dalamundefined 

  2. Beku luar undefined 

  3. Sedimenundefined 

  4. Metamorf undefined 

  5. Malahanundefined 

Pembahasan Soal:

Batuan beku dalam (plutonik) adalah batuan yang terbentuk berada jauh di dalam bumi (15-50 km), proses pendinginan sangat lambat karena dekat dengan astenosfer sehingga batuan seluruhnya terdiri atas kristal-kristal. 

Gabro merupakan jenis plutonik gelap dari batuan beku dalam yang diangggap setara plutonik dari basalt. Gabro sejati merupakan bagian yang kecil dari batuan plutonik yang gelap. Kerak samudra sebagian besar adalah batuan gabro. Melelehnya komposisi dari basaltik yang mendingin dan sangat lambat untuk menciptakan butiran mineral yang besar. Oleh karena itu gabro menjadi sebuah ofiolit. Ofiolit adalah sebuah kumpulan besar kerak yang ada di samudera dan berakhir di darat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa batuan granit banyak digunakan sebagai ornamen, dinding, dan lantai rumah walaupun harganya mahal ?

Pembahasan Soal:

Batu granit merupakan salah satu batuan yang berharga. Salah satu penyebab granit menjadi batu yang berharga adalah karena tekstur batuan granit yang menarik. Sebagian besar granit bertekstur keras dan kuat serta memiliki ketahanan yang lama, sehingga batuan granit banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi meskipun harganya mahal.
Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Batuan yang bercirikan berbutir kasar dan jarang adanya lubang gas adalah batuan…

Pembahasan Soal:

Batuan beku dalam merupakan salah satu bentuk batuan beku yang dibedakan berdasarkan tempat pembekuannya, selain batuan beku korok (gang) dan batuan beku luar. Batuan beku dalam sendiri merupakan batuan beku yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi yakni pada kedalaman 15 hingga 50 km. Dengan tempat pembekuannya yang dekat dengan astenosfer, pendinginan magmanya sangat lambat sehingga menghasilkan batuan yang besar-besar dengan tekstur holokristalin, yaitu semua komposisi batuan disusun oleh kristal yang sempurna. Batuan beku dalam secara umum memiliki ciri-ciri diantaranya, berbutir lebih kasar dibandingkan dengan batuan beku luar serta jarang menunjukkan adanya lubang-lubang gas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Persebaran magma yang memotong lapisan batuan disebut...

Pembahasan Soal:

Peristiwa naiknya magma dan menyusup diantara lapisan batuan, namun tidak sampai ke permukaan bumi disebut Intrusi magma atau Plutonisme. Terdapat beberapa bagian dari Intrusi magma diantaranya:

  1. Batolit adalah batuan beku yang terbentuk di dalam dapur magma, hasil dari penurunan suhu yang sangat lambat.
  2. Lakolit adalah magma yang menyusup diantara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan diatasnya terangkat sehingga menyerupai cembung, permukaan atasnya tetap rata.
  3. Siil adalah lapisan magma yang tipis menyusup diantara lapisan batuan.
  4. Diatrema adalah batuan yang mengisi pipa letusan, berbentuk silinder, mulai dari dapur magma sampai ke permukaan bumi.
  5. intruksi korok atau gang adalah batuan hasil intruksi magma memotong lapisan lapisan litosfer dengan bentuk pipih atau lempeng.
  6. Apolisa adalah semacam cabang dari intruksi gang namun lebih kecil.
  7. Pipa kawah
  8. Kawah utama
  9. Kerucut( gunung api) parasit
  10. Kawah samping

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pembekuan magma yang berlangsung perlahan-lahan ketika masih berada jauh di dalam kulit bumi adalah proses terjadinya batuan ...

Pembahasan Soal:

Batuan beku intrusi adalah batuan beku yang mendingin dan mengeras di bawah permukaan atau di dalam kerak bumi dikelilingi oleh batuan asal. Magma mendingin secara perlahan sehingga batuan ini memiliki butir yang kasar. Struktur batuan beku instrusi yang khas adalah batolit, stok, lakolit, sill, dan dike. Nama batuan yang memiliki tekstur kasar adalah granit, gabro, dan diorit.

0

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri berikut! Batuan terbentuk jauh di dalam lapisan bumi Mempunyai kristal yang sempurna Pada umumnya tidak mengandung fosil Dari ciri-ciri tersebut merupakan jenis batuan ....

Pembahasan Soal:

Batuan beku dalam adalah batuan yang terbentuk dari magma. Adapun magma yang membeku jauh di dalam bumi hanya terdiri dari kristal saja. Proses pendinginan batuan beku dalam sangat lambat, sehingga terjadi pengkristalan yang sempurna. Kristal batuan beku dalam bentuknya besar dan kasar. Contoh bantuan beku dalam diantaranya batu granit, batu gabbro, batu diorit, dan batu syenit.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved