Roboguru

A.  Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B.  Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C.  Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D.  Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E.  Jika kedua pernyataan tersebut salah. Pada masal awal kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu antara tahun 1945-1950 telah terjadi sembilan kali pergantian kabinet dalam sistem demokrasi parlementer yang diterapkan. SEBAB Situasi dalam negeri di awal kemerdekaan berada dalam keadaan yang sangat kondusif sehingga pergantian kabinet dalam waktu singkat tidak menimbulkan masalah.

Pertanyaan

A.  Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B.  Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C.  Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D.  Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E.  Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pada masal awal kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu antara tahun 1945-1950 telah terjadi sembilan kali pergantian kabinet dalam sistem demokrasi parlementer yang diterapkan.

SEBAB

Situasi dalam negeri di awal kemerdekaan berada dalam keadaan yang sangat kondusif sehingga pergantian kabinet dalam waktu singkat tidak menimbulkan masalah.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pembahasan Soal:

  1. Pada masa awal kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu antara tahun 1945- 1950 telah terjadi sembilan kali pergantian kabinet dalam sistem demokrasi parlementer yang diterapkan. Pernyataan ini salah karena hingga tahun 1950 ada 9 kabinet dan 1 kabinet peralihan.
  2. Kabinet pertama diketuai oleh Presiden Sukarno dengan masa jabatan dari tanggal  2 September hingga 14 November 1945. Setelah berakhirnya kabinet pertama pada 14 November 1945, dibentuklah kabinet yang kedua yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir (19 November 1945 – 12 Maret 1946)). Selanjutnya dibentuk  Kabinet Syahrir II (2 Maret 1946 – 2 Oktober 1946)), kabinet berikutnya adalah Kabinet Syahrir III dengan masa jabatan yang berlangsung dari 2 Oktober-3 Juli 1947. Syahrir kemudian digantikan oleh Amir Syarifuddin I dari 3 Juli-11 November 1947, dan kabinet Amir syarifuddin II yaitu 11 November1947-29 Januari 1948. Selanjutnya, Mohammad Hatta I (29 Januari 1948 – 4 Agustus 1949), kabinet kedelapan dengan Mohammad Hatta, kabinet ke-9 yang dipimpin oleh Mr. Susanto Tirtoprojo. Ketika Republik Indonesia menjadi bagian dari RIS, dibentuk kabinet yang dipimpin oleh dr. A. Halim yang bertugas dari 21 Januari-6 September 1950, kemudian Republik Indonesia kembali menjadi negara kesatuan pada September 1950.
  3. Alasan, Situasi dalam negeri di awal kemerdekaan berada dalam keadaan yang sangat kondusif sehingga pergantian kabinet dalam waktu singkat tidak menimbulkan masalah. Alasan pada soal ini juga salah, pada awal kemerdekaan situasi politik justru sangat tidak kondusif yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya Indonesia belum mengatur pemerintahan dengan sempurna selain itu bangsa Indonesia juga menghadapi konflik dengan Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kabinet-kabinet berikut! (a) Kabinet Natsir. (b) Kabinet Sultan Hamengku Buwono IX. (c) Kabinet Sukiman. (d) Kabinet Burhanudin Harahap. (e) Kabinet Dwikora. (f) Kabinet Pembangunan. ...

0

Roboguru

Ketika ada perdana Menteri Sutan Syahrir, maka presiden Sukarno berfungsi sebagai ...

0

Roboguru

Setelah proklamasi kemerdekaan, di Indonesia terjadi beberapa pergantian UUD, mulai UUD 1945, Konstitusi RIS dan UUDS. Jelaskan pernyataan tersebut!

0

Roboguru

Mengapa perbaikan ekonomi pada masa demokrasi parlementer tidak berjalan dengan baik?

0

Roboguru

Dalam sistem pemerintahan parlementer, presiden berperan sebagai .…

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved