Roboguru

(1) Tentang iklim ekonomi Indonesia, kita sudah sering mendengar keluhan dari kalanganpengusha terutama investor asing. (2) Sudah lama keluhan itu muncul dan tampaknya sampai sekarang belum dapat teratasi. (3) Hal itu terbukti dari penurunan peringkat secara terus-menerus, terutama dalam lima tahun terakhir. (4) Kalaupun kita sudah berupaya, tetapi hasilnya belum tampak atau kemungkinan lain, negara-negara lain lebih cepat bergerak dan efektif bertindak. (5) Khususnya dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. (6) Maka, kitalah yang akhirnya tertinggal. (7) Kalau tak ada langkah apa pun, dikhawatirkan keadaan bukan membaik, melainkan malah memburuk. Kalimat fakta paragraf tersebut terdapata pada nomor ...

Pertanyaan

(1) Tentang iklim ekonomi Indonesia, kita sudah sering mendengar keluhan dari kalanganpengusha terutama investor asing. (2) Sudah lama keluhan itu muncul dan tampaknya sampai sekarang belum dapat teratasi. (3) Hal itu terbukti dari penurunan peringkat secara terus-menerus, terutama dalam lima tahun terakhir. (4) Kalaupun kita sudah berupaya, tetapi hasilnya belum tampak atau kemungkinan lain, negara-negara lain lebih cepat bergerak dan efektif bertindak. (5) Khususnya dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif. (6) Maka, kitalah yang akhirnya tertinggal. (7) Kalau tak ada langkah apa pun, dikhawatirkan keadaan bukan membaik, melainkan malah memburuk.

Kalimat fakta paragraf tersebut terdapata pada nomor ...

  1. (1) dan (3)

  2. (2) dan (4)

  3. (3) dan (5)

  4. (4) dan (6)

  5. (5) dan (7)

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta adalah kalimat yang mengandung kenyataan atau hal-hal yang betul terjadi. Dalam kalimat satu, fakta dapat dilihat melalui indikasi iklim ekonomi Indonesia dan keluhan dari pengusaha, terutama investor asing. Sementara itu, dalam kalimat tiga, fakta dapat dilihat melalui indikasi penurunan peringkat secara terus-menerus dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Opini dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata -kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas.

Opini dalam teks tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Kalimat tersebut dikatakan fakta karena menggunakan kata 'akan' yang menunjukkan sesuatu yang belum terjadi dan hanya berupa pendapat subjektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Kalimat yang merupakan opini penulis terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata-kata: mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata -kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas. Kalimat opini merupakan kalimat hasil pemikiran, dan juga pendapat seseorang baik itu secara individu maupun berkelompok yang sifatnya subjektif.

Kalimat yang merupakan opini penulis terdapat pada nomor (2) dan (3). Pada kalimat (2) dan (3) merupakan opini penulis karena menggunakan kata "akan" yang berarti menunjukkan sebuah anggapan, pendapat, atau pandangan yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Opini penulis yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah...

Pembahasan Soal:

Opini merupakan suatu ide, pikiran, atau pendapat yang biasanya bersifat subjektif serta belum bisa dibuktikan kebenarannya. Opini penulis adalah pendapat penulis.

Opini penulis yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah perhatian atas kehancuran ekologis dikhawatirkan akan langsung surut begitu bencana berlalu. Pada kalimat tersebut mengungkapkan pendapat dari penulis yang bersifat subjektif, ditandai dengan kata 'dikhawatirkan' yang berarti pandangan pribadi dari penulis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Disebut "jalur khusus" karena ia mempersyaratkan kemampuan finansial dalam jumlah tertentu selain proses seleksi akademis itu sendiri. Jalur ini berada di luar mekanisme pintu seleksi reguler melalui ...

Pembahasan Soal:

Opini adalah pendapat atau pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Opini dalam, teks tersebut adalah (E) Jalur pendidikan seharusnya terdepan dalam menentang kebijakan dan perlakuan diskriminatif. Dalam teks tersebut, penulis memaparkan adanya penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui jalur khusus. Disebut “khusus” karena berada di luar seleksi SNMPTN. Jalur khusus ini sering disebut-sebut komersil dan peserta yang berhasil masuk ke PTN melalui jalur ini disinyalir mengalami perlakuan “berbeda” alias lebih diistimewakan. Dengan demikian, penulis melalui teks ini ingin menggugah PTN agar menentang segala jenis perbedaan (diskriminsi) yang dialami mahasiswa Kata kunci dalam teks ini adalah PTN. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang termasuk kalimat fakta adalah ...

Pembahasan Soal:

Fakta adalah perihal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan dan sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta merupakan cerminan tentang keadaan atau peristiwa. Oleh karena itu, fakta tidak dapat dibantah. Fakta dapat dilihat, didengar, atau diketahui oleh banyak pihak. Namun, fakta bisa saja berubah jika ditemukan fakta baru yang lebih jelas dan akurat. Fakta yang disajikan dalam teks editorial berupa peristiwa dan data terkait dengan peristiwa yang dibahas.  

Fakta terdapat pada kalimat sebanyak 661 rumah di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, rusak akibat angin puting beliung karena mengandung data tentang suatu keadaan. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved