Roboguru

(1) Era globalisasi tidak terbendung lagi. (2) Mobilitas penduduk, barang, dan hewan yang cukup tinggi memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. (3) Kasus flu burung yang menghantui Indonesia menjadi peringatan bahwan manusia dan hewan dari luar negeri perlu pengawasan. (4) Busung lapar hanya puncak es dari kondisi gizi buruk yang terabaikan. (5) Sikap menyalahkan rakyat atau pemerintah dalam mengatasi flu burung tidaklah bijaksana. Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

Pertanyaan

            (1) Era globalisasi tidak terbendung lagi. (2) Mobilitas penduduk, barang, dan hewan yang cukup tinggi memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. (3) Kasus flu burung yang menghantui Indonesia menjadi peringatan bahwan manusia dan hewan dari luar negeri perlu pengawasan. (4) Busung lapar hanya puncak es dari kondisi gizi buruk yang terabaikan. (5) Sikap menyalahkan rakyat atau pemerintah dalam mengatasi flu burung tidaklah bijaksana.

Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Pembahasan Soal:

Kalimat yang tidak padu adalah kalimat yang tidak menjelaskan gagasan utamanya atau yang memiliki fokus berbeda dengan kalimat lainnya. Paragraf di atas membicarakan era globalisasi yang sudah tidak terbendung lagi sehingga mobilitas penduduk menjadi tinggi hingga pada akhirnya berdampak negatif terhadap kesehatan. Secara garis besar paragraf ini membicarakan gangguan kesehatan yang dikaitkan dengan munculnya kasus flu burung. Kalimat 4 memiliki fokus pembahasan yang berbeda dengan ketiga kalimat lainnya karena kalimat tersebut membicarakan busung lapar kondisi gizi buruk, tidak sesuai dengan kalimat lainnya yang membicarakan gangguan kesehatan.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 14 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis teks eksposisi pertentangan karena…

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi pertentangan adalah teks yang berisi pertentangan antara sesuatu hal dengan hal lainnya. Ciri eksposisi pertentangan dilihat dari penggunaan konjungsi “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”
Berdasarkan soal, teks eksposisi tersebut berisi pertentangan orang yang gemar bersepeda dengan orang yang tidak pernah bersepeda. Orang yang gemar bersepeda menyukai alam, namun orang yang tidak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang terbiasa naik mobil. Selain itu, teks tersebut terdapat penggunaan konjungsi sebaliknya yang menandakan teks tersebut merupakan eksposisi pertentangan.
Dengan demikian, teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis teks eksposisi pertentangan karena adanya kata ‘sebaliknya’ yang menunjukan pertentangan antara orang yang gemar bersepeda dengan orang yang terbiasa naik mobil nyaman.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut terdapat pada nomor ...

Pembahasan Soal:

Kalimat pertentangan adalah kalimat yang menghubungkan dua kalimat namun memiliki isi atau makna yang berlawanan. Contoh konjungsi pertentangan yang sering digunakan adalah melainkan, sedangkan, akan tetapi, padahal, sebaliknya, tetapi, dan namun.

Pada teks di atas, kalimat yang menyatakan pertentangan terdapat pada nomor (2), yaitu Perkembangbiakan belalang sangat cepat, namun memberi manfaat karena berperan sebagai predator atau pemangsa hama-hama tanaman. Kalimat tersebut menggunakan kata namun yang merupakan konjungsi pertentangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan...

Pembahasan Soal:

Hubungan pertentangan ditandai dengan kata meskipun salah satunya. pada kalimat tersebut, kata meskipun terdapat pada kalimat nomor (3).undefined 

0

Roboguru

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya dimuat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, atau juga biasa disebut pikiran pokok. Pada kalimat utama terdapat kandungan dari keseluruhan isi paragraf. Dengan demikian, kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, bahkan bisa di awal dan di akhir paragraf. Dari paragraf tersebut dapat kita tandai bahwa kalimat utamanya berada di awal paragraf yakni "Whatsapp resmi mengonfirmasi bahwa aplikasi mereka akan menampilkan iklan." yang selanjutnya diikuti dengan beberapa kalimat penjelas lainnya yang masih terkait dengan hal yang dibicarakan pada kalimat utama tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined  

0

Roboguru

Apakah inti paragraf tersebut?

Pembahasan Soal:

Inti teks merupakan informasi inti yang disampaikan pada paragraf. Inti teks dapat ditemukan melalui ide pokok paragraf. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok suatu paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Inti teks pada paragraf di atas adalah resesi ekonomi meningkatkan pengangguran dan kemiskinan. Hal itu sesuai dengan ide pokok paragraf yang dapat kita lihat dari kalimat utama paragraf yaitu kalimat berikut.

Resesi ekonomi dapat meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.

Dengan demikian, inti teks pada paragraf di atas adalah resesi ekonomi meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved