Roboguru

(1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. (2) Di satu sisi, sebagai sebuah negara yang sedang giat-giatnya membangun, Malaysia sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia. (3) Kebutuhan tenaga kerja tidak bisa dicukupi oleh tenaga kerja yang ada di Malaysia. (4) Di sisi lain, angka pengangguran di Indonesia sendiri tinggi sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit. (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ….

Pertanyaan

        (1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. (2) Di satu sisi, sebagai sebuah negara yang sedang giat-giatnya membangun, Malaysia sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia. (3) Kebutuhan tenaga kerja tidak bisa dicukupi oleh tenaga kerja yang ada di Malaysia. (4) Di sisi lain, angka pengangguran di Indonesia sendiri tinggi sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit. (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ….

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Pembahasan Soal:

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI.  Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, dan 4). Dalam kalimat (2), (3), dan (4), dibahas mengenai ketergantungan antara Malaysia dan Indonesia dalam hal ketersediaan tenaga kerja. Ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia tidak sebanyak di Malaysia. Hal ini masih berhubungan dengan kalimat utama. Akan tetapi, pada kalimat (5), yang dibahas adalah mengenai penghidupan TKI yang berangkat ke Malaysia yang semakin sejahtera.  Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera pada pilihan E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancetujuhenam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

0

Roboguru

Ide pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat ....

0

Roboguru

(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yan benar-benar merusak ling...

0

Roboguru

Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama teks eksposisi adalah ...

0

Roboguru

Bacalah paragraf berikut! Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sement...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved