Roboguru

(1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. (2) Hal ini sering dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sekitar sudah menjadi rusak. (3) Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya remaja yang membuang sampah sembarangan. (4) Memang benar ada sebagian remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, namun masih banyak remaja yang mau memperhatikan lingkungannya misalnya, di sekolah-sekolah para siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. (5) Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya? Kalimat penjelas yang tidak padu adalah ...

Pertanyaan

      (1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. (2) Hal ini sering dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sekitar sudah menjadi rusak. (3) Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya remaja yang membuang sampah sembarangan. (4) Memang benar ada sebagian remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, namun masih banyak remaja yang mau memperhatikan lingkungannya misalnya, di sekolah-sekolah para siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. (5) Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya?

Kalimat penjelas yang tidak padu adalah ...

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Pembahasan Soal:

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, 4, dan 5). Dalam kalimat (2), (3), dan (4), yang berperan sebagai subjek (dan sekaligus kata kunci paragraf tersebut) adalah remaja. Hal ini masih berhubungan dengan kalimat utama. Akan tetapi, pada kalimat (5), subjek yang muncul adalah masyarakat. Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya? Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 18 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Isi teks eksposisi di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang menerangkan suatu pokok persoalan yang dapat memperluas wawasan pembaca.

Untuk mengetahui isi teks eksposisi, kita perlu mengetahui gagasan pokoknya terlebih dahulu. Gagasan pokok teks di atas, terdapat pada kalimat pertama yaitu "Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur".

Oleh karena itu, isi teks eksposisi di atas adalah Indonesia memilik beragam rempah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

5

Roboguru

Gagasan utama yang dikemukakan dalam paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Pada paragraf di atas, kalimat utamanya adalah kalimat terakhir dengan gagasan utamanya adalah peminat lapak tidak cukup banyak, karena kalimat sebelumnya hanya mengandung gagasan penjelas, seperti lapak dan harga jatuh yang disebutkan di kalimat utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

(1) Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk perilaku mencintai satwa. (2) Contoh sederhananya adalah memelihara hewan peliharaan di rumah. (3) Anak kecil sangat menyukai kucing. (4) Anak bisa...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni dalam kalimat pertama (1) Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk perilaku mencintai satwa. Kalimat ini kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya yakni kalimat (2), (4), dan (5). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (A)

0

Roboguru

Ide pokok teks eksposisi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Gagasan pokok atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau inti sebuah paragraf. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok dan kalimat utama berfungsi memberitahu pembaca tentang apa yg diperbincangkan dalam paragraf itu dan menjadi sandaran bagi kalimat-kalimat lain dalam paragraf itu. 

Adapun langkah-langkah untuk menentukan ide pokok, yaitu:

  1. Menentukan kalimat utama dalam paragraf.
    Kalimat utama bisa terletak di awal kalimat (deduktif), di akhir kalimat (induktif), atau berada di awal-akhir kalimat (campuran).
  2. Menentukan inti kalimat dari kalimat utama.
    Inti kalimat adalah satuan proporsi singkat yang terbentuk di dalam sebuah kalimat yang kompleks. Umumnya inti kalimat dibentuk oleh pasangan fungsi gramatik minimal yaitu subjek dan predikat; atau subjek, predikat, dan objek pada kalimat dengan verba transitif.

Kalimat utama dari teks eksposisi di atas terletak di awal kalimat, tepatnya yang berbunyi "Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, yang dimotori dengan adanya revolusi industri dan Internet of Things, tidak menutup kemungkinan bahwa bidang Information Technologi (IT) akan semakin berkembang pesat di masa yang akan datang. Sesuai dengan bunyi dari kalimat utama tersebut, ide pokok teks eksposisi di atas adalah "Bidang Sistem Informasi Teknologi semakin berkembang.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

0

Roboguru

Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Kalimat penjelas atau kalimat pendukung adalah kalimat yang menjelaskan lebih lanjut tentang kalimat utama.

Ciri-ciri dari kalimat penjelas adalah:

  • Tidak dapat berdiri sendiri
  • Dapat memiliki arti atau maksud jika sudah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu paragraf
  • Memerlukan konjungsi atau kata hubung
  • Bisasanya berisi keterangan, contoh, atau informasi lain yang mendukung kalimat utama

Sesuai dengan penjelas di atas, maka kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama di atas adalah (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakai normal akses TelkomNet Instant. Kalimat nomor (5) ini tidak sesuai dengan kalimat utama yang membahas mengenai perkembangan pemakaian internet di sekolah dan kampus. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved