Naufan N

25 Januari 2023 14:49

Iklan

Iklan

Naufan N

25 Januari 2023 14:49

Pertanyaan

yang termasuk reaksi redoks adalah... a. agcl → ag+ + cl b. caco3-cao + co2 c. naoh + hcl → nacl + h2o d. Al+ 6hcl → 2alcl3 + 3h2 e. O2+O → O3


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Qatrunnada

Mahasiswa/Alumni Univesitas Islam Indonesia

06 Juli 2023 10:49

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : D. Al + 6HCl → 2AlCl<sub>3</sub> + 3H<sub>2</sub></p><p>&nbsp;</p><p>Redoks (Reduksi-Oksidasi) adalah reaksi kimia dimana terjadi kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi, reaksi oksidasi adalah reaksi kenaikan bilangan oksidasi.</p><p>&nbsp;</p><p>Bilangan oksidasi adalah bilangan yang menyatakan muatan suatu atom atau suatu ion. Tiap-tiap zat memiliki nilai biloksnya masing -masing.</p><p>-unsur bebas, molekul unsur = 0</p><p>- Atom H dalam senyawa non hidrida = +1</p><p>- Atom golongan IIIA dalam senyawa = +3</p><p>- Atom VIIA dalam senyawa biner = -1</p><p>&nbsp;</p><p>Al + 6HCl → 2AlCl<sub>3</sub> + 3H<sub>2</sub></p><p>0 &nbsp; &nbsp; &nbsp;+1 &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;+3 &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; 0</p><p>&nbsp;</p><p>Al mengalami kenaikan biloks dari 0 menjadi +3 sehingga terjadi reaksi oksidasi, sedangkan H mengalami penuruan biloks dari +1 menjadi 0, dinamakan reduksi. Karena terjadi reaksi oksidasi dan reduksi, maka reaksi tersebut merupakan reaksi redoks.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang benar adalah D.</p>

Jawaban : D. Al + 6HCl → 2AlCl3 + 3H2

 

Redoks (Reduksi-Oksidasi) adalah reaksi kimia dimana terjadi kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi, reaksi oksidasi adalah reaksi kenaikan bilangan oksidasi.

 

Bilangan oksidasi adalah bilangan yang menyatakan muatan suatu atom atau suatu ion. Tiap-tiap zat memiliki nilai biloksnya masing -masing.

-unsur bebas, molekul unsur = 0

- Atom H dalam senyawa non hidrida = +1

- Atom golongan IIIA dalam senyawa = +3

- Atom VIIA dalam senyawa biner = -1

 

Al + 6HCl → 2AlCl3 + 3H2

0      +1            +3             0

 

Al mengalami kenaikan biloks dari 0 menjadi +3 sehingga terjadi reaksi oksidasi, sedangkan H mengalami penuruan biloks dari +1 menjadi 0, dinamakan reduksi. Karena terjadi reaksi oksidasi dan reduksi, maka reaksi tersebut merupakan reaksi redoks.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

38

4.0

Jawaban terverifikasi