Cllista.Aaa C

06 Maret 2024 06:11

Iklan

Iklan

Cllista.Aaa C

06 Maret 2024 06:11

Pertanyaan

Yang merupakan sikap positif terhadap Pancasila, terutama sila kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat ditunjukkan seperti.... a. memiliki angkatan perang sendiri b. bekerja sama dengan bangsa lain c. memiliki ideologi nasional d. meminta bantuan negara lain

Yang merupakan sikap positif terhadap Pancasila, terutama sila kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat ditunjukkan seperti.... 
a. memiliki angkatan perang sendiri 
b. bekerja sama dengan bangsa lain 
c. memiliki ideologi nasional 
d. meminta bantuan negara lain 
 


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 07:14

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Sila kedua dalam Pancasila, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," menekankan pada pentingnya memperlakukan sesama manusia dengan adil, menghargai martabat, dan menciptakan kehidupan yang beradab. Sikap positif terhadap sila ini dapat tercermin dalam berbagai tindakan, termasuk bekerja sama dengan negara lain. Berikut adalah penjelasan mengapa bekerja sama dengan negara lain mencerminkan sikap positif terhadap sila kedua:</p><p><strong>Pemberdayaan Manusia:</strong> Bekerja sama dengan negara lain dapat mencakup program-program pemberdayaan manusia, seperti pertukaran pelajar, peningkatan keterampilan, dan pendidikan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang menempatkan pentingnya pengembangan potensi manusia.</p><p><strong>Keadilan Internasional:</strong> Melalui kerja sama internasional, negara dapat berkontribusi dalam menciptakan sistem global yang lebih adil. Dukungan terhadap organisasi internasional dan inisiatif global dapat membantu mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan di tingkat internasional.</p><p><strong>Pengentasan Kemiskinan dan Ketidaksetaraan:</strong> Bekerja sama dengan negara-negara lain dalam program-program pembangunan dapat membantu mengatasi masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan. Pendekatan bersama dalam memecahkan masalah ini mencerminkan semangat keadilan dan kemanusiaan yang dianut oleh Pancasila.</p><p><strong>Perdamaian dan Hubungan Harmonis:</strong> Kerja sama internasional juga mencakup upaya menjaga perdamaian dan membangun hubungan harmonis antarnegara. Dengan berkontribusi pada diplomasi global, negara dapat membantu mewujudkan nilai-nilai beradab dan perdamaian yang dijunjung tinggi oleh Pancasila.</p>

jawabannya adalah B.

 

Sila kedua dalam Pancasila, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," menekankan pada pentingnya memperlakukan sesama manusia dengan adil, menghargai martabat, dan menciptakan kehidupan yang beradab. Sikap positif terhadap sila ini dapat tercermin dalam berbagai tindakan, termasuk bekerja sama dengan negara lain. Berikut adalah penjelasan mengapa bekerja sama dengan negara lain mencerminkan sikap positif terhadap sila kedua:

Pemberdayaan Manusia: Bekerja sama dengan negara lain dapat mencakup program-program pemberdayaan manusia, seperti pertukaran pelajar, peningkatan keterampilan, dan pendidikan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang menempatkan pentingnya pengembangan potensi manusia.

Keadilan Internasional: Melalui kerja sama internasional, negara dapat berkontribusi dalam menciptakan sistem global yang lebih adil. Dukungan terhadap organisasi internasional dan inisiatif global dapat membantu mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan di tingkat internasional.

Pengentasan Kemiskinan dan Ketidaksetaraan: Bekerja sama dengan negara-negara lain dalam program-program pembangunan dapat membantu mengatasi masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan. Pendekatan bersama dalam memecahkan masalah ini mencerminkan semangat keadilan dan kemanusiaan yang dianut oleh Pancasila.

Perdamaian dan Hubungan Harmonis: Kerja sama internasional juga mencakup upaya menjaga perdamaian dan membangun hubungan harmonis antarnegara. Dengan berkontribusi pada diplomasi global, negara dapat membantu mewujudkan nilai-nilai beradab dan perdamaian yang dijunjung tinggi oleh Pancasila.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 01:09

Jawaban terverifikasi

<p><br>Jawabannya adalah: b. bekerja sama dengan bangsa lain</p><p>&nbsp;</p><p>Sila kedua dalam Pancasila adalah "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab." Sikap positif terhadap sila ini, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dapat ditunjukkan dengan bekerja sama dengan bangsa lain. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:</p><p><strong>Kemanusiaan yang Adil:</strong></p><ul><li>Sikap positif terhadap sila kedua mencakup upaya untuk mewujudkan kemanusiaan yang adil. Ini berarti memperlakukan semua orang dengan adil tanpa memandang suku, ras, agama, atau golongan.</li></ul><p><strong>Beradab dalam Hubungan Antarbangsa:</strong></p><ul><li>Bekerja sama dengan bangsa lain menunjukkan sikap beradab dalam hubungan antarbangsa. Ini mencakup diplomasi yang konstruktif, menjaga perdamaian, dan membangun hubungan saling menghormati antara negara-negara.</li></ul><p><strong>Kerjasama Internasional:</strong></p><ul><li>Menyadari pentingnya kerjasama internasional adalah manifestasi sikap positif terhadap sila kedua. Kolaborasi dengan negara-negara lain dapat mencakup berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lingkungan.</li></ul><p><strong>Mendukung Prinsip-Prinsip Keadilan:</strong></p><ul><li>Dalam konteks hubungan internasional, sikap positif terhadap sila kedua mencakup mendukung prinsip-prinsip keadilan global. Ini melibatkan kontribusi untuk mengatasi ketidaksetaraan, kemiskinan, dan ketidakadilan di tingkat global.</li></ul><p><strong>Pertukaran Budaya dan Pendidikan:</strong></p><ul><li>Bekerja sama dengan bangsa lain juga dapat dilakukan melalui pertukaran budaya dan pendidikan. Ini menciptakan pemahaman yang lebih baik antara berbagai kelompok masyarakat di dunia.</li></ul><p><strong>Kontribusi Positif untuk Perdamaian Dunia:</strong></p><ul><li>Sikap positif terhadap sila kedua menunjukkan tekad untuk berkontribusi positif terhadap perdamaian dunia. Ini melibatkan partisipasi dalam upaya-upaya perdamaian, penyelesaian konflik, dan penciptaan dunia yang lebih aman.</li></ul><p>Dengan bekerja sama dengan bangsa lain, sebuah negara dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, memperkuat hubungan antarbangsa, dan membangun dunia yang lebih adil dan beradab. Sikap positif terhadap sila kedua merupakan langkah penting dalam membangun kerjasama global yang harmonis.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Jawabannya adalah: b. bekerja sama dengan bangsa lain

 

Sila kedua dalam Pancasila adalah "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab." Sikap positif terhadap sila ini, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dapat ditunjukkan dengan bekerja sama dengan bangsa lain. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

Kemanusiaan yang Adil:

  • Sikap positif terhadap sila kedua mencakup upaya untuk mewujudkan kemanusiaan yang adil. Ini berarti memperlakukan semua orang dengan adil tanpa memandang suku, ras, agama, atau golongan.

Beradab dalam Hubungan Antarbangsa:

  • Bekerja sama dengan bangsa lain menunjukkan sikap beradab dalam hubungan antarbangsa. Ini mencakup diplomasi yang konstruktif, menjaga perdamaian, dan membangun hubungan saling menghormati antara negara-negara.

Kerjasama Internasional:

  • Menyadari pentingnya kerjasama internasional adalah manifestasi sikap positif terhadap sila kedua. Kolaborasi dengan negara-negara lain dapat mencakup berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lingkungan.

Mendukung Prinsip-Prinsip Keadilan:

  • Dalam konteks hubungan internasional, sikap positif terhadap sila kedua mencakup mendukung prinsip-prinsip keadilan global. Ini melibatkan kontribusi untuk mengatasi ketidaksetaraan, kemiskinan, dan ketidakadilan di tingkat global.

Pertukaran Budaya dan Pendidikan:

  • Bekerja sama dengan bangsa lain juga dapat dilakukan melalui pertukaran budaya dan pendidikan. Ini menciptakan pemahaman yang lebih baik antara berbagai kelompok masyarakat di dunia.

Kontribusi Positif untuk Perdamaian Dunia:

  • Sikap positif terhadap sila kedua menunjukkan tekad untuk berkontribusi positif terhadap perdamaian dunia. Ini melibatkan partisipasi dalam upaya-upaya perdamaian, penyelesaian konflik, dan penciptaan dunia yang lebih aman.

Dengan bekerja sama dengan bangsa lain, sebuah negara dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, memperkuat hubungan antarbangsa, dan membangun dunia yang lebih adil dan beradab. Sikap positif terhadap sila kedua merupakan langkah penting dalam membangun kerjasama global yang harmonis.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan contoh pengamalan Sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yaitu …. A. Ikut serta dalam gotong royong B. Melaksanakan ibadah sesuai dengan perintah agama C. Menjenguk tetangga yang dirawat di rumah sakit D. Memilih ketua kelas secara demokratis

3

0.0

Jawaban terverifikasi