Rudi C

05 Juni 2020 16:43

Iklan

Iklan

Rudi C

05 Juni 2020 16:43

Pertanyaan

tuliskan tugas batik sentral


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Muhammad S

28 Juli 2020 06:47

Jawaban terverifikasi

batik sentral🤣🤣🤣 bank sentral kali maksud mu. oke tugasnya itu menjaga kestabilan nilai mata uang di suatu negara dengan menerapkan kebijakan moneter dan fiskal . contoh nya nih kalau inflasi terjadi di Indonesia maka bank sentral akan mengambil kebijakan moneter seperti . open market operation. atau operasi pasar terbuka. dimana bank sentral akan menjual surat surat penting di pasar modal kepada masyarakat supaya jumlaj uang yang beredar di masyarakat berkurang. begitupun sebaliknya jika terjadi deflasi maka pemerintah akan membeli kembali surat surat berharga tersebut agar uang yang beredar di masyarakat bertambah dan perekonomian tidak lesu. koreksi jika ada salah


Iklan

Iklan

Y. Lutfiyyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

31 Desember 2021 15:11

Jawaban terverifikasi

Halo, Rudi. Kakak bantu jawab soalnya yaa :D Jawaban: Bank sentral merupakan instansi atau badan usaha yang bertanggung jawab membuat kebijakan moneter di suatu wilayah negara, dan menjaga stabilitas harga atau nilai mata uang suatu negara. Tugas bank sentral diantaranya menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Dalam hal ini, bank sentral mengeluarkan kebijakan yang berpengaruh pada peningkatan peredaran uang ataupun pengurangan peredaran uang di masyarakat untuk menjaga stabilitas harga atau nilai mata uang. Misalnya, mengeluarkan kebijakan moneter diskonto kebijakan peningkatan atau penurunan suku bunga sebagai upaya menjaga peredaran uang di masyarakat. Bank sentral juga bertugas mencetak dan mengedarkan uang kartal sebagai alat pembayaran yang sah di suatu negara, mengatur kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi bank umum yang berfungsi menghimpun dana dan menyalurkannnya kembali ke masyarakat, dan sebagai penyedia dana terakhir bank umum, yang artinya jika bank sentral membutuhkan dana untuk dipinjamkan kepada masyarakat, maka bank sentral harus menyediakan dana tersebut ke bank umum. Dengan demikian, tugas dari bank sentral adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mencetak dan mengedarkan uang kartal, mengatur kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi bank umum, dan sebagai penyedia dana terakhir bank umum. Semoga dapat membantu Rudi, have a nice day!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Seorang anak SMP memiliki daya permintaan permen lollipop yang dinyatakan kedalam fungsi yaitu Qd=2000-5P, dan diketahui bahwa harga 1 permen lollipop adalah Rp 100. Maka tentukanlah banyak permen yang diminta dan buatkan kurva permintaannya!

10

5.0

Jawaban terverifikasi