Riska R

06 Juli 2020 08:46

Iklan

Iklan

Riska R

06 Juli 2020 08:46

Pertanyaan

tuliskan enzim-enzim pencernaan manusia?


23

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

16 Februari 2022 05:49

Jawaban terverifikasi

Halo Riska, kakak bantu jawab yaa :) Contoh enzim pencernaan manusia adalah amilase, protease, lipase, maltase dan lakase. Enzim pencernaan diproduksi secara alami oleh sistem pencernaan di dalam tubuh. Enzim pencernaan bertugas memecah komponen makanan seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Tujuannya adalah agar nutrisi yang berasal dari makanan dapat diserap ke dalam aliran darah untuk menunjang fungsi sel-sel tubuh. Berikut beberapa macam enzim pencernaan yang ada di tubuh : 1. Amilase, enzim amilase diproduksi di kelenjar liur, pankreas, dan usus halus. Enzim ini bertugas memecah zat pati atau karbohidrat menjadi gula (glukosa). 2. Protease, enzim protease adalah enzim pencernaan yang bertugas untuk memecah protein dalam makanan menjadi asam amino. Enzim ini diproduksi di lambung, pankreas, dan usus halus. Terdapat beberapa jenis enzim protase, yaitu pepsin (enzim pencernaan utama di lambung), tripsin, dan kimotripsin. 3. Lipase, lipase adalah enzim yang memiliki tugas memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol). Organ tubuh yang berperan dalam menghasilkan enzim ini adalah pankreas dan lambung. 4. Maltase, enzim ini diproduksi oleh usus halus dan memiliki fungsi untuk menghancurkan maltosa. Zat gula maltosa ini banyak ditemukan pada tumbuhan, seperti biji-bijian, gandum dan ubi. 5. Laktase, laktase adalah jenis enzim pencernaan yang memecah gula laktosa. Gula ini ditemukan dalam susu dan makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Salwa Z

06 Juli 2020 23:11

Pepsin : Mengubah protein menjadi pepton. Renin. : Mengendapkan protein susu menjadi kasein. HCL. : Memecah protein makanan dan melawan virus. Lipase. : Mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tripsin. : Mengubah protein menjadi asam amino. Amilase : Mengubah amilum menjadi glukosa. Ptialin. : Mengubah amilum menjadi maltosa.


Faizal R

12 Juli 2020 21:41

•Amilase Enzim amilase diproduksi di kelenjar liur, pankreas, dan usus halus. Enzim ini bertugas memecah zat pati atau karbohidrat menjadi gula (glukosa). •Protease Enzim protease adalah enzim pencernaan yang bertugas untuk memecah protein dalam makanan menjadi asam amino. Enzim ini diproduksi di lambung, pankreas, dan usus halus.  •Lipase Lipase adalah enzim yang memiliki tugas memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol).  •Maltase Enzim ini diproduksi oleh usus halus dan memiliki fungsi untuk menghancurkan maltosa.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan pengertian gerak pasif

4

0.0

Jawaban terverifikasi