Evaelysia E

18 Maret 2020 03:35

Pertanyaan

tentukan jenis majas di bawah ini! Bertudung langit selalu biru Tempat cahaya selalu benderang Tempat udara selalu bersih Tempat angin selalu nikmat


43

3

Jawaban terverifikasi

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

14 Januari 2022 08:13

Jawaban terverifikasi

Halo Evaelysia E. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Majas yang digunakan dalam teks tersebut adalah majas metafora. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Majas metafora adalah majas yang menggunakan perbandingan dengan menggunakan ungkapan. Contohnya adalah "Pemuda adalah tulang punggung negara." Jenis majas yang terdapat pada teks tersebut terdapat pada kalimat "Bertudung langit selalu biru." Kalimat tersebut mengandung majas metafora. Pada kalimat tersebut terdapat ungkapan "bertudung" yang bermakna 'tertutup'. Dengan demikian, majas yang digunakan dalam teks tersebut adalah majas metafora. Semoga membantu ya :)


Iklan

Liquit G

18 Maret 2020 07:47

personifikasi kayax kak Soalx itu terlalu melebih lebih kan dengan kenyataan kontekx nya


Sulaeha L

18 Maret 2020 09:06

majas metafora


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

4. Kalimat berikut yang termasuk slogan adalah .... a. Tegal Kota Bahari. b. Lestarikan Hutan Kami! c. Malu Bertanya Sesat di Jalan. d. Buanglah Sampah di Tempatnya!

153

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks narasi (cerita fantasi) berikut! Mesin Waktu Pada tahun 2026 dimana dunia sudah mulai dikuasai teknologi canggih, ada 3 sahabat yang bernama Jack, Nicole dan Alex. Mereka bersekolah di sekolah yang sama tepatnya di SMP ABC, jika pulang sekolah mereka biasanya selalu bersama. Saat itu mereka menuju ke stasiun kereta melayang yang jaraknya dekat dari sekolah mereka. Saat mereka sudah mulai naik, beberapa menit kemudian kereta yang mereka naiki terlempar keluar dari rel yang ada di atas kereta, mereka terlempar ke sebuah hutan yang sangat luas dan gelap bersama dengan penumpang lainnya yang sebagian tewas karena benturan yang sangat kencang saat mereka terjatuh. Alice berkata "Di mana kita?" Alex menjawab, "Aku pun tak tahu." (sambil kebingungan). Jack berkata, "Sudah jangan khawatir, yang penting kita selamat." Alex dan Nicole mengiyakan. Mereka pun berjalan mencari jalan keluar dan mencari pertolongan dengan berjalan ke dalam hutan. Saat mereka di dalam hutan, terdengar suara "BUUMM.." yang kencang dan membuat tanah bergetar. Mereka menghampiri sumber suara itu dengan rasa berani. Saat sudah hampir dekat dengan sumber suara, mereka melihat sebuah cahaya yang sangat terang dari sana. Saat mereka lihat, ternyata itu adalah sebuah mesin waktu yang jatuh dari langit. Mereka mendekati mesin waktu itu dengan penasaran dan membukanya. "1, 2,3 waaaaaw..." kata mereka bersama. Mereka masuk dan tak sengaja Alex menekan suatu tombol yang membuat mesin waktu tersebut membawa mereka keluar dari hutan yang gelap itu ke kotayang dekat dengan rumah mereka. Mereka hampir tak percaya bahwa mereka mendapat petualangan yang sangat aneh dari mesin waktu itu. Saat mereka keluar, mesin waktu itu tiba-tiba lenyap menghilang dan mereka kembali ke rumah mereka masing-masing. Setelah membaca teks tersebut, identifikasi unsur intrinsik "tokoh" dan sertakan bukti kalimat pada teks!

22

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan