Mila P

01 Juli 2022 14:32

Iklan

Iklan

Mila P

01 Juli 2022 14:32

Pertanyaan

Tekanan zat cair sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. pernyataan berikut berhubungan dengan tekanan tersebut : 1. besar tekanan yang diterima benda dalam zat cair yang sama pada kedalaman yang sama adalah sama besar 2. tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam ruang tertutup, akan diteruskan kesegala arah dengan sama besar 3. bila sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka berat benda yang tercelup sama dengan berat zat cair yang didesak 4. sebuah benda yang berada di dalam zat cair, menerima tekanan dari segala arah dengan sama besar Pernyataan yang menjelaskan hukum archimedes ditunjukkan pada nomor .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Angereni

01 Juli 2022 16:58

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar yaitu C. 3. Pembahasan: Pada soal terdapat 4 pernyataan terkait tekanan zat cair. Kita diminta untuk memilih pernyataan mana yang menjelaskan hukum archimedes. Kita perlu tahu bunyi hukum Archimedes, yaitu "suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida, akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut." Berdasarkan kutipan tersebut, kita tinjau satu persatu dari nomor 1, 2, 3, dan 4. Kita lihat bahwa pernyataan yang mirip dengan bunyi hukum tersebut adalah no 3. bila sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka berat benda yang tercelup sama dengan berat zat cair yang didesak. Jadi, jawabannya adalah C. 3.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

306

5.0

Jawaban terverifikasi