Windah E

14 Agustus 2020 06:32

Iklan

Iklan

Windah E

14 Agustus 2020 06:32

Pertanyaan

sifat sifat bunyi


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Kurnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

14 Februari 2022 10:28

Jawaban terverifikasi

Hai, kakak bantu jawab ya. Gelombang bunyi adalah getaran yang merambat melalui medium tertentu sehingga menghasilkan bunyi. 1. Bunyi membutuhkan medium/zat perantara untuk merambat, bunyi tidak dapat merambat ke ruang hampa karena bunyi hanya dapat merambat melalui suatu medium (zat perantara). Bunyi dapat merambat melalui medium/zat perantara yaitu melalui udara (zat gas), zat padat, zat cair. Contoh : kita dapat berbicara di suatu ruangan yang berisi udara (bunyi merambat melalui zat gas), kita dapat mendengar bunyi pintu diketuk (bunyi merambat melalui zat padat), kita dapat mendengar bunyi gelembung/percikan air (bunyi merambat melalui zat cair). 2. Bunyi bisa diserap dan dipantulkan. Bunyi bisa diserap oleh bahan lunak seperti karpet dan dipantulkan oleh permukaan yang keras contohnya dinding dan tebing. 3. Bunyi dapat dibiaskan, contohnya adalah bunyi petir terdengar lebih keras ketika terjadi pada malam hari. Hal ini dikarenakan udara pada malam hari lebih rapat. Sebaliknya udara di siang hari lebih renggang dan suhunya lebih tinggi sehingga suaranya tidak terdengar terlalu keras.


Iklan

Iklan

Faikah F

14 Agustus 2020 11:41

1. dapat dipantulkan 2. memerlukan medium bisa merambat 3.bunyi termasuk kedalam gelombang longitudinal 4.pola perambatanya berupa rapatan dan regangan


Sasmita P

14 Agustus 2020 11:50

Bunyi termasuk kedalam gelombang longitudinal. Memerlukan medium untuk merambat. Dapat dipantulkan. Dapat mengalami difraksi (pelenturan), Interferensi (perpaduan), dan dapat dibiaskan (refreksi). Pola perambatanya berupa rapatan dan regangan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

lampu melalui sumber daya listrik menjadi?

4

5.0

Jawaban terverifikasi