Andy D

07 Januari 2022 09:04

Iklan

Iklan

Andy D

07 Januari 2022 09:04

Pertanyaan

Setiap orang mempunyai hobi atau kegemaran, namun tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik. Banyak faktor yang menyebabkan orang tidak dapat mengembangkan hobinya. Pertama, kemungkinan lingkungan tidak mendukung. Sebagai contoh, kita memiliki hobi melukis, namun orang tua tidak menginginkan kita mengembangkan hobi kita itu. Faktor kedua, adalah dana atau fasilitas pendukung. Kita mempunyai hobi beternak ayam, namun kita tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Faktor lain yang lebih penting adalah kemauan kita. Apapun kendala yang kita hadapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita. Penegasan ulang pada teks eksposisi tersebut memiliki ide pokok .... a. Faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengembangkan hobinya b. Berusaha untuk meningkatkan dana untuk mengembangkan hobi. c. Dengan kemauan yang kuat dapat mengatasi masalah yang menghambat hobi. d. Hobi harus tetap dikembangkan bagaimanapun caranya.


61

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

09 Januari 2022 10:41

Jawaban terverifikasi

Halo, Andy D, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban dari soal di atas adalah C. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Teks eksposisi adalah teks yang memaparkan sejumlah informasi atau pengetahuan tentang suatu hal dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan pembaca. Adapun struktur teks eksposisi sebagai berikut: 1) Tesis merupakan bagian pembuka yang berisi gagasan yang dikemukakan seseorang terhadap suatu peristiwa, keadaan, kebenaran, tanpa dipengaruhi oleh orang lain. 2) Argumentasi merupakan bentuk bukti atau alasan dalam memperkuat pendapat pada bagian tesis yang berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. 3) Penegasan ulang (simpulan) merupakan bagian penutup yang biasanya berupa sebuah simpulan dari hal-hal yang disampaikan sebelumnya. Berdasarkan pemaparan tersebut, penegasan ulang pada teks eksposisi tersebut memiliki ide pokok, yaitu "Dengan kemauan yang kuat dapat mengatasi masalah yang menghambat hobi" karena kalimat tersebut merupakan gagasan atau ide pokok dari kalimat penegasan ulang yang berbunyi "Apapun kendala yang kita hadapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita" sebagai bagian penutup atau simpulan dari hal-hal yang telah disampaikan pada bagian pembuka atau tesis maupun argumentasi sebelumnya. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. Semoga membantu.


Oliffia Y

01 November 2022 00:43

Ini bener?

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

196

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

550

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan