Maya A

09 Oktober 2020 13:22

Iklan

Iklan

Maya A

09 Oktober 2020 13:22

Pertanyaan

seorang kios tanaman menawarkan pupuk hasil temuannya yang di beri nama pupuk produktof"pupro" pupuk ini akan mempercepat muncul nya bunga pada tanaman apabila disemprot pada ujung tanaman.tentukan variabel pada eksperimen tersebut!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Laila

22 Maret 2022 02:39

Jawaban terverifikasi

Halo Maya, kakak coba bantu jawab, ya :) Variabel bebas pada eksperimen adalah beberapa jenis pupuk dibandingkan dengan pupuk "pupro" yang diaplikasikan pada objek percobaan. Variabel terikatnya adalah waktu proses munculnya bunga pada beberapa objek penelitian. Variabel kontrolnya adalah suhu, kelembaban, jenis tanah, volume tanah, dan kadar air. Variabel merupakan salah satu komponen penting dalam penelitian. Variabel penelitian dibagi menjadi 3 jenis yaitu variabel bebas, terikat, dan kontrol. 1. Variabel Bebas yaitu variabel yang memengaruhi hasil atau variabel terikat. Variabel ini sengaja dibuat berbeda agar terlihat perbedaan pada hasil eksperimen. Variabel bebas juga dapat disebut sebagai variabel penyebab dalam percobaan. Dalam penelitian di soal, maka variabel bebasnya adalah beberapa jenis pupuk dibandingkan dengan pupuk "pupro" yang diaplikasikan pada objek percobaan. 2. Varibel Terikat yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel terikat adalah variabel yang sedang diamati dan merupakan hasil penelitian. Variabel terikatnya adalah waktu proses munculnya bunga pada beberapa objek penelitian setelah diberi jenis pupuk yang berbeda dibandingkan dengan pupuk "pupro". 3. Variabel Kontrol yaitu variabel yang dibuat sama perlakuannya. Variabel ini dibuat sama agar terlihat hasil yang valid dari pengaruh variabel bebas. Variabel kontrolnya adalah suhu, kelembaban, jenis tanah, volume tanah, dan kadar air. Semoga membantu, ya!


Iklan

Iklan

Ara R

13 Oktober 2020 11:39

variabel terikat = waktu munculnya bunga pada tanaman variabel kontrol = jenis tanaman, suhu ruangan, intensitas cahaya, dll variabel bebas = kadar pupuk yg digunakan #maaf kak kalo salah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah fungsi sel penyengat yang terdapat pada ubur ubur?

4

0.0

Jawaban terverifikasi