Tuti S

17 Januari 2020 08:31

Iklan

Iklan

Tuti S

17 Januari 2020 08:31

Pertanyaan

sebutkan ciri-ciri pubertas pada anak remaja


9

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Alriessyanne

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

05 Januari 2022 06:04

Jawaban terverifikasi

Halo Tuti, kakak coba bantu jawab ya :) Ciri ciri pubertas pada anak remaja yakni : 1. Anak remaja perempuan : ๐˜”๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ๐˜ค๐˜ฉ๐˜ฆ, tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kemaluan, payudara dan pinggul mulai membesar. 2. Anak remaja laki-laki : Mimpi basah, bau tubuh, tumbuh jakun, tumbuh kumis dan janggut, tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kelamin, suara menjadi berat, dada tampak bidang. Ciri-ciri pubertas pada remaja dibagi menjadi dua jenis, yakni: 1. Ciri-ciri kelamin primer Pada anak laki- laki, ciri-ciri kelamin primer ditandai dengan adanya mimpi basah. Mimpi basah menjadi tanda bahwa seorang laki-laki mulai memproduksi sperma dan alat reproduksi telah berfungsi. Pada anak perempuan, ciri-ciri kelamin primer ditandai dengan adanya ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ๐˜ค๐˜ฉ๐˜ฆ. ๐˜”๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ณ๐˜ค๐˜ฉ๐˜ฆ adalah menstruasi pertama dan sebagai tanda awal diproduksinya sel telur. 2. Ciri-ciri kelamin sekunder Ciri-ciri kelamin primer biasanya diikuti dengan perkembangan ciri kelamin sekunder. Ciri-ciri kelamin sekunder dapat kita amati dengan melihat perubahan fisik. Ciri-ciri kelamin sekunder anak laki-laki, antara lain : a. Bau tubuh b. Tumbuh jakun c. Tumbuh kumis dan janggut d. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kelamin e. Suara menjadi berat f. Dada tampak bidang Ciri-ciri kelamin sekunder anak perempuan, antara lain : a. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kemaluan b. Payudara dan pinggul mulai membesar. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Annisa C

17 Januari 2020 11:59

Perubahan primer : Mengalami menstruasi (bagi perempuan) dan di produksinya sperma yang disebut testis (bagi laki laki) Perubahan sekunder (bagi laki-laki) : C. Jerawat mulai muncul B. Jakun mulai tapak dan suara membesar C. Kumis dan janggut mulai tumbuh D. Dada akan kelihatan lebih bidang E. Rambut di ketiak dan di kemaluan mulai tumbuh F. Organ6(alat) kelamin membesar Perubahan sekunder (bagi perempuan) : A. Jerawat mulai muncul B. Payudara mulai tumbuh C. Pinggul melebar D. Rambut di ketiak dan di kemaluan mulai tumbuh


Aqeela Z

17 Januari 2020 14:02

pubertas bisa di bagi menjadi dua yaitu: - perubahan sekunder - perubahan primer pada anak laki laki perubahan sekunder dan perubahan primer adalah: primer - diproduksinya sel sperma oleh testis (mimpi basah) sekunder - jakun mulai tumbuh - suara membesar - tumbuhnya jerawat - tumbuhnya rambut di ketiak dan kemaluan - dada membidang - tumbuhnya kumis dan janggut pada anak perempuan perubahan sekunder dan primer adalah: primer - mulainya diproduksinya sel telur (menstruasi) sekunder - jerawat mulai tumbuh - payudara membesar - pinggul yang membesar - rambut mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan - wajah yang berminyak mohon maaf jika ada yang salah.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sepatu bola memiliki bagian bagian yang menonjol di bagian dasarnya.bagian tersebut bertujuan untuk.

7

5.0

Jawaban terverifikasi