Naila N

11 November 2023 04:02

Iklan

Iklan

Naila N

11 November 2023 04:02

Pertanyaan

sebutkan bentuk - bentuk perubahan sosial budaya (ada 4 bentuk) dan contoh nya !

sebutkan bentuk - bentuk perubahan sosial budaya (ada 4 bentuk) dan contoh nya !


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

11 November 2023 12:43

Jawaban terverifikasi

<p>Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya dapat diklasifikasikan menjadi 4 bentuk, yaitu:</p><p><strong>1. Perubahan evolusi</strong></p><p>Perubahan evolusi adalah perubahan yang berlangsung secara lambat dan bertahap, tanpa disadari oleh masyarakat. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor internal, seperti pertumbuhan penduduk, perubahan teknologi, dan perubahan nilai-nilai sosial.</p><p><strong>Contoh perubahan evolusi antara lain:</strong></p><ul><li><strong>Perubahan pola mata pencaharian dari berburu dan meramu menjadi bercocok tanam dan beternak.</strong></li><li><strong>Perubahan sistem pendidikan dari tradisional menjadi modern.</strong></li><li><strong>Perubahan nilai-nilai sosial dari patriarki menjadi egaliter.</strong></li></ul><p><strong>2. Perubahan revolusi</strong></p><p>Perubahan revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat, radikal, dan disadari oleh masyarakat. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, seperti penjajahan, perang, dan bencana alam.</p><p><strong>Contoh perubahan revolusi antara lain:</strong></p><ul><li><strong>Revolusi Industri di Inggris pada abad ke-18.</strong></li><li><strong>Revolusi Prancis pada tahun 1789.</strong></li><li><strong>Revolusi Sosialis di Rusia pada tahun 1917.</strong></li></ul><p><strong>3. Perubahan difusi</strong></p><p>Perubahan difusi adalah perubahan yang menyebar dari suatu masyarakat ke masyarakat lain. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh kontak atau interaksi antarmasyarakat.</p><p><strong>Contoh perubahan difusi antara lain:</strong></p><ul><li><strong>Penyebaran agama Islam di Indonesia.</strong></li><li><strong>Penyebaran budaya Barat di Indonesia.</strong></li><li><strong>Penyebaran teknologi internet di seluruh dunia.</strong></li></ul><p><strong>4. Perubahan inkulturasi</strong></p><p>Perubahan inkulturasi adalah perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat sebagai hasil dari perpaduan antara budaya asli dengan budaya baru yang masuk. Perubahan ini biasanya terjadi pada masyarakat yang terbuka terhadap budaya luar.</p><p><strong>Contoh perubahan inkulturasi antara lain:</strong></p><ul><li><strong>Perkawinan campuran antara orang Indonesia dengan orang asing.</strong></li><li><strong>Penyebaran budaya pop Amerika di Indonesia.</strong></li><li><strong>Penyebaran budaya Islam di Eropa.</strong></li></ul><p>Dari keempat bentuk perubahan sosial budaya tersebut, perubahan revolusi dan difusi merupakan perubahan yang paling cepat, sedangkan perubahan evolusi dan inkulturasi merupakan perubahan yang paling lambat.</p>

Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya dapat diklasifikasikan menjadi 4 bentuk, yaitu:

1. Perubahan evolusi

Perubahan evolusi adalah perubahan yang berlangsung secara lambat dan bertahap, tanpa disadari oleh masyarakat. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor internal, seperti pertumbuhan penduduk, perubahan teknologi, dan perubahan nilai-nilai sosial.

Contoh perubahan evolusi antara lain:

  • Perubahan pola mata pencaharian dari berburu dan meramu menjadi bercocok tanam dan beternak.
  • Perubahan sistem pendidikan dari tradisional menjadi modern.
  • Perubahan nilai-nilai sosial dari patriarki menjadi egaliter.

2. Perubahan revolusi

Perubahan revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat, radikal, dan disadari oleh masyarakat. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, seperti penjajahan, perang, dan bencana alam.

Contoh perubahan revolusi antara lain:

  • Revolusi Industri di Inggris pada abad ke-18.
  • Revolusi Prancis pada tahun 1789.
  • Revolusi Sosialis di Rusia pada tahun 1917.

3. Perubahan difusi

Perubahan difusi adalah perubahan yang menyebar dari suatu masyarakat ke masyarakat lain. Perubahan ini biasanya disebabkan oleh kontak atau interaksi antarmasyarakat.

Contoh perubahan difusi antara lain:

  • Penyebaran agama Islam di Indonesia.
  • Penyebaran budaya Barat di Indonesia.
  • Penyebaran teknologi internet di seluruh dunia.

4. Perubahan inkulturasi

Perubahan inkulturasi adalah perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat sebagai hasil dari perpaduan antara budaya asli dengan budaya baru yang masuk. Perubahan ini biasanya terjadi pada masyarakat yang terbuka terhadap budaya luar.

Contoh perubahan inkulturasi antara lain:

  • Perkawinan campuran antara orang Indonesia dengan orang asing.
  • Penyebaran budaya pop Amerika di Indonesia.
  • Penyebaran budaya Islam di Eropa.

Dari keempat bentuk perubahan sosial budaya tersebut, perubahan revolusi dan difusi merupakan perubahan yang paling cepat, sedangkan perubahan evolusi dan inkulturasi merupakan perubahan yang paling lambat.


Iklan

Iklan

Annida A

11 November 2023 09:45

<p><strong>Perubahan sosial budaya</strong></p><p>Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di msayarkat yang mencakup perubahan dalam budaya, nilai, keyakinan, norma, hubungan sosial dan tata cara kehidupan yang terjadi seiring waktu.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Contoh Perubahan Sosial</strong></p><p>1. Urbanisasi</p><p>Perubahan sosial budaya terjadi sebagai akibat dari migrasi penduduk dari daerah pedesaan ke perkotaan. Urbanisasi telah mengubah pola hidup, nilai-nilai, dan perilaku masyarakat, serta membawa perubahan dalam struktur keluarga, pemukiman, dan hubungan sosial. <strong>Contoh</strong>: Orang desa yang mencari kerja ke kota.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Perubahan dalam Peran Gender</p><p>Perubahan dalam peran dan status gender (laki-laki atau perempuan). <strong>Contoh: </strong>Perempuan semakin aktif dalam bidang pendidikan, pekerjaan, bahkan berperan dalam memimpin rumah tangga. Menjadi sebanding dengan peran laki-laki.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Globalisasi dan Teknologi Informasi</p><p>Adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang mempengaruh &nbsp;globalisasi. Globalisasi adalah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia. Hal ini terjadi karena hampir semua orang dapat mengakses informasi. <strong>Contoh: </strong>Adanya media sosial, membuat seluruh orang dapat mengakses berabgai informasi dari mana pun. Termasuk informasi dari luar negeri.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>4. Munculnya Budaya Konsumsi</p><p>Perubahan sosial yang muncul dalam budaya konsumsi di Indonesia. Perkembangan ekonomi dan peningkatan daya beli masyarakt telha mengubah pola konsumsi dan gaya hidup modern manusia. <strong>Contoh: </strong>Adanya <i>e-commerce </i>membuat masyarakat lebih mudah belanja tanpa harus pergi ke tempat penjual.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu jawabannya πŸ™</p>

Perubahan sosial budaya

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di msayarkat yang mencakup perubahan dalam budaya, nilai, keyakinan, norma, hubungan sosial dan tata cara kehidupan yang terjadi seiring waktu. 

 

Contoh Perubahan Sosial

1. Urbanisasi

Perubahan sosial budaya terjadi sebagai akibat dari migrasi penduduk dari daerah pedesaan ke perkotaan. Urbanisasi telah mengubah pola hidup, nilai-nilai, dan perilaku masyarakat, serta membawa perubahan dalam struktur keluarga, pemukiman, dan hubungan sosial. Contoh: Orang desa yang mencari kerja ke kota.

 

2. Perubahan dalam Peran Gender

Perubahan dalam peran dan status gender (laki-laki atau perempuan). Contoh: Perempuan semakin aktif dalam bidang pendidikan, pekerjaan, bahkan berperan dalam memimpin rumah tangga. Menjadi sebanding dengan peran laki-laki.

 

3. Globalisasi dan Teknologi Informasi

Adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang mempengaruh  globalisasi. Globalisasi adalah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia. Hal ini terjadi karena hampir semua orang dapat mengakses informasi. Contoh: Adanya media sosial, membuat seluruh orang dapat mengakses berabgai informasi dari mana pun. Termasuk informasi dari luar negeri. 

 

4. Munculnya Budaya Konsumsi

Perubahan sosial yang muncul dalam budaya konsumsi di Indonesia. Perkembangan ekonomi dan peningkatan daya beli masyarakt telha mengubah pola konsumsi dan gaya hidup modern manusia. Contoh: Adanya e-commerce membuat masyarakat lebih mudah belanja tanpa harus pergi ke tempat penjual. 

 

 

Semoga membantu jawabannya πŸ™


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan menunjukkan bentuk hubungan sosial …. a. Kelompok dengan kelompok b. Individu dengan kelompok c. Individu dengan Individu d. Kelompok dengan individu

11

3.0

Jawaban terverifikasi