Ayu S

19 Maret 2020 07:36

Pertanyaan

sebutkan 4 arah tujuan pembangunan di bidang kelautan


69

3

Jawaban terverifikasi

Ibnu A

19 Maret 2020 12:50

Jawaban terverifikasi

1.) Pertumbuhan ekonomi tinggi secara berkelanjutan 2.) Peningkatan kesejahteraan seluruh pelaku usaha, khususnya nelayan, pembudidaya ikan, dan masyarakat kelautan lainnya yang berskala kecil 3.) Terpeliharannya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan 4.) Menjadikan laut sebagai pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa (Semoga dapat membantu)


Iklan

O. Yohana

Mahasiswa/Alumni Universitas Jenderal Soedirman

26 Desember 2021 11:45

Jawaban terverifikasi

Halo Ayu, Kakak bantu jawab ya :) Jawaban: Tujuan pembangunan di bidang kelautan adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan seluruh pelaku usaha, terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan, menjadikan laut sebagai pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa. Penjelasan : Berikut 4 arah tujuan pembangunan di bidang kelautan : 1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan Sektor kelautan merupakan salah satu komoditas ekspor industri maritim yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Sejauh ini komoditas perikanan yang terus mengalami peningkatan ekspor. 2. Peningkatan kesejahteraan seluruh pelaku usaha Cara pemerintah meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha seperti nelayan, pembudidaya ikan, pembudidaya rumput laut dengan memberikan program pelatihan, pendampingan oleh tenaga ahli dan fasilitas penyediaan mesin pengolahan rumput laut. 3. Terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan Cara yang dapat dilakukan agar lingkungan dan sumber daya kelautan tetap terjaga dengan melestarikan hutan mangrove di wilayah pesisir, menyelamatkan ekosistem terumbu karang dengan cara transplantasi terumbu karang, dan lainnya. 4. Menjadikan laut sebagai pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bagan pemisahan alur laut, di mana alur laut di wilayah perairan Indonesia bebas dilayari oleh kapal-kapal internasional. Jadi, 4 arah tujuan pembangunan di bidang kelautan adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pelestarian lingkungan, dan menjadikan laut sebagai pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa. Semoga membantu Ayu, semangat :)


Maudy S

19 Maret 2020 11:01

sebagai pertahanan kedaulatan bangsa sebagai batas negara agar dapat mengembangkan ekonomi negara berkelanjutan agar habitat laut tak rusak


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

kenapa kita harus bayar pajak

12

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan