Afdhal R

18 September 2021 02:24

Iklan

Iklan

Afdhal R

18 September 2021 02:24

Pertanyaan

sebut kan apa saja yang didalam telinga


33

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. WIJAYA

22 Maret 2022 09:04

Jawaban terverifikasi

Halo Afdhal, Kakak bantu jawab ya:) Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu: 1. Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan bagian rongga telinga. 2. Telinga bagian tengah terdiri dari gendang telinga, saluran eustachius dan tiga tulang pendengaran. 3. Telinga bagian dalam terdiri dari kanal semisirkularis dan koklea. Mari kita bahas! Telinga merupakan salah satu organ yang ada pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran. Telinga berfungsi sebagai indera pendengaran. Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu: 1. Telinga bagian luar Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan bagian rongga telinga yang menjadi batas dengan telinga bagian dalam. Daun telinga berfungsi untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke bagian saluran telinga luar. Rongga telinga pada bagian luar dilapisi oleh rambut dan kelenjar yang mengeluarkan lilin, yang memiliki fungsi untuk mengikat kotoran hingga serta mencegah masuknya air maupun benda asing lebih dalam. 2. Telinga bagian tengah Telinga bagian tengah terdiri dari gendang telinga, saluran eustachius dan tiga tulang pendengaran. Gendang telinga berfungsi menerima getaran suara dari luar yang tersalur melalui rongga telinga. Tuba eustachius berfungsi menyamakan tekanan udara antara telinga bagian dalam dengan tekanan udara luar. Tiga tulang kecil terdiri atas tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggurdi (stapes) di dalam telinga tengah berfungsi untuk menghantarkan getaran suara dari gendang telinga ke telinga bagian dalam. 3. Telinga bagian dalam Telinga bagian dalam secara umum berfungsi mengoperasikan indera keseimbangan tubuh dan berisi organ pendengaran. Terdapat dua bagian utama di telinga bagian dalam, yakni kanal semisirkularis terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran. Di bagian ini terdapat reseptor keseimbangan. Lalu ada bagian koklea (rumah siput) yang di dalamnya terdapat alat kortil yang mengandung saraf pendengar (alat pendengaran). Di dalam koklea juga terdapat cairan limfe yang disebut endolimfe, sedangkan yang di luar koklea disebut perilimfe. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Nayla A

18 September 2021 09:19

Telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar (outer ear), telinga tengah (middle ear), dan yang terakhir telinga bagian dalam (inner ear).


Nayla A

18 September 2021 09:19

semoga membantu ๐Ÿ™

โ€” Tampilkan 1 balasan lainnya

Naurah Y

18 September 2021 13:39

telinga luar, telinga tengah, telinga dalam contoh telinga luar:daun telinga contoh telinga dalam:koklea/rumah siput maaf kalo salah semoga membantu


Afdhal R

20 September 2021 01:00

makasih

Naurah Y

20 September 2021 08:06

sama sama


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan pengelompokan benda nonmahnetik

98

5.0

Jawaban terverifikasi