Iklan

Iklan

Fadia R

22 Desember 2021 12:27

Pertanyaan

Sebuah spool gulungan benang dengan jari-jari bagian dalam r dan jari-jari bagian luar R terletak pada bidang datar kasar seperti pada gambar! Benang yang dililitkan pada sumbunya ditarik dengan tegangan T Berapa nilai I maksimum agar spool tidak bergerak? (nyatakan dalam R, r dan m)

alt

73

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Aulia

28 Juli 2022 03:11

Jawaban terverifikasi

Jawaban dari soal tersebut yaitu θ = arc cos (r/R). Hukum I Newton berbunyi, jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap. Hukum I Newton dirumuskan sebagai ΣF = 0. Hal tersebut juga berlaku pada torsi Στ = 0. Dimana ΣF = resultan gaya (N) Στ = resultan momen gaya (Nm) Diketahui: Jari jari dalam = r Jari - jari luar = R Ditanya: Syarat sudut θ agar spool tidak bergerak/tidak slip ...? Jawab: Agar kumparan tidak bergerak, maka berlaku a = 0 dan α = 0 yang memenuhi hukum I Newton. Menghitung pada gerak translasi ΣFx = 0 T cos θ = f Menghitung pada gerak rotasi Στ = 0 T x r = f x R Sehingga cos θ/r = 1/R cos θ = r/R θ = arc cos (r/R) Jadi, syarat agar sudut θ agar spool tidak bergerak/tidak slip adalah arc cos (r/R).


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Benda bermassa 50 kg berada di ujung pegas seperti pada gambar. Mula-mula benda tersebut ditahan kemudian dilepas sehingga menekan pegas sejauh 20 cm. Jika konstanta pegas 6000 N/m maka perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda adalah .... a. 0 joule b. 20 joule c. 100 joule d. 120 joule e. 220 joule

33

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan