Angga R

04 Februari 2022 06:14

Iklan

Iklan

Angga R

04 Februari 2022 06:14

Pertanyaan

Sebuah partikel mempunyai energi sebesar E. Energi tersebut sebanding dengan besaran x dan besaran y berpangkat. Jika energi tersebut mempunyai konstanta tak berdimensi, dimensi besaran x, y, dan nilai pangkat y berturut-turut adalah .... a. [M], [L][T]^-1, dan 2 b. [M], [L]² [T]^-2, dan 2 c. [M], [L]²[T]^-2, dan 3 d. [L], [M]²[T]^-2, dan 2 e. [L], [M][T]^-1, dan 3


29

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

L. Sri

11 Februari 2022 11:11

Jawaban terverifikasi

Hai Angga, jawaban soal ini adalah a. [M], [L][T]^-1, dan 2 Penjelasan: Dimensi merupakan cara besaran tersebut disusun dari besaran-besaran pokok. Semua besaran turunan dalam fisika dapat dinyatakan dengan besaran pokok sehingga dimensi besaran turunan dapat dicari dari dimensi besaran pokok. Dimensi dari beberapa besaran pokok 1. Panjang satuannya meter dimensinya [L] 2. Waktu satuannya sekon dimensinya [T] 3. Massa satuannya kilogram dimensinya [M] E = k xyⁿ Joule = xyⁿ kg m²/s² = xyⁿ kg (m/s)² = xyⁿ x = kg = [M] y = m/s = [L][T]ˉ¹ n = 2 Jadi, dimensi dari x adalah [M], dimensi dari y adalah [L][T]ˉ¹, dan nilai n adalah 2. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah A.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

372

1.0

Jawaban terverifikasi