Nadari R

22 April 2021 02:38

Iklan

Iklan

Nadari R

22 April 2021 02:38

Pertanyaan

seberapa penting kita menjadi pelopor anti bullying, dan apa alasannya.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

O. Anggara

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

26 Januari 2022 05:15

Jawaban terverifikasi

Halo Nadari, kaka bantu jawab yaa :) Yuk simak penjelasannya berikut ini! Dengan menjadi pelopor anti-bullying, artinya kamu memiliki kepedulian terhadap permasalahan sosial yang sedang terjadi di masyarakat. Dengan menjadi pelopor juga, artinya kamu berkontribusi untuk turut serta menyadarkan kepada orang-orang di sekitar bahwa hal tersebut berdampak negatif dan berusaha untuk mengatasinya. Terimakasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Rafael M

26 April 2021 07:41

Berikut beberapa hal yang bisa dicoba sebagai bentuk kampanye anti bullying di kalangan masyarakat : 1. Strong From Home Rumah ialah tempat anak mendapatkan pendidikan pertamanya. Kuatkan aqidah anak sedini mungkin. Tanamkan keyakinan bahwa Allah Maha Melihat setiap perbuatan baik dan buruk. Maka untuk dapat menanamkan pemahaman itu penting bagi orang tua melakukan interaksi yang baik dengan anak. Membangun kelekatan dengan baik sedari kecil. 2. Ajarkan anak untuk memilih teman bergaul yang baik. Pergaulan memainkan peranan penting dalam kehidupan seseorang. Pergaulan berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seorang individu baik positif atau negatif. Pergaulan yang baik ibarat berteman dengan penjual minyak wangi. Meski ia tidak memberi kita minyak wangi, ia setidaknya memberi bau harum kepada kita. Sebaliknya, pergaulan yang buruk ibarat berteman dengan penjual arang. Selain memberi coreng hitam di wajah dan baju kita, ia juga membuat kita pergi dengan bau arang yang tidak sedap. 3. Pemerintah menjamin pendidikan yang baik Peran pemerintah tak kalah penting untuk menekan angka kasus bullying yang di masyarakat. Sebagai penyedia sarana dan prasarana pendidikan, pemerintah harus memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang baik di sekolah. Pemerintah dapat berperan sebagai filter bagi setiap informasi yang bisa diterima anak baik dalam bentuk media cetak atau media online. 4. Rehabilitasi korban, pelaku dan saksi Bullying Bila bullying sudah terlanjur terjadi, baik korban, pelaku dan saksi bullying harus didorong untuk direhabilitasi kejiwaannya, agar secara psikologis dapat pulih dari perasaan dendam dan tersakiti. Sehingga diharapkan tidak ada lagi aksi bullying di kemudian hari akibat luka hati yang belum terselesaikan. Kampanye hanyalah sebatas untaian kata manis belaka apabila tidak dibarengi dengan kerja nyata. Maka untuk mewujudkannya perlu adanya sinergi antar banyak pihak. Sebagai individu penting untuk merasa selalu diawasi oleh Allah SWT. Memegang kuat prinsip hidup untuk selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya dengan konsep yang nyata dengan mengamalkan metodologi yang dicontohkan oleh Rasulullah. Negara dengan undang-undang dan sistem kepengaturannya yang berusaha memberikan pendidikan terbaik serta mewujudkan keamanan bagi setiap individu masyarakatnya. Dengan demikian, Insyaallah kita akan mampu menumbuhkan nuansa yang baik bagi generasi muda kita untuk tumbuh dengan sempurna, hingga mereka bisa memberikan banyak kebaikan yang penuh berkah di tengan-tengah masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan menunjukkan bentuk hubungan sosial …. a. Kelompok dengan kelompok b. Individu dengan kelompok c. Individu dengan Individu d. Kelompok dengan individu

60

5.0

Jawaban terverifikasi