Sara K

26 April 2022 13:08

Iklan

Iklan

Sara K

26 April 2022 13:08

Pertanyaan

Satu tahun kemudian, bisnisnya mengalami kemajuan yang sangat luar biasa. Melihat bisnisnya semakin berkembang pesat, ia membuka cabang toko baru sambil terus menerapkan semua nasihat yang dianjurkan tokoh sukses yang dulu ia temui. Kalimat di atas termasuk jenis kalimat fakta atau opini? Berikan alasannya!


14

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

27 Juni 2022 12:38

Jawaban terverifikasi

Kalimat di atas termasuk jenis kalimat fakta karena berisi peristiwa nyata atau sudah terjadi yang dijelaskan dengan keterangan waktu dalam kalimat di atas. Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut. Kalimat fakta merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang harus dimiliki. Kalimat fakta adalah kalimat yang disusun berdasarkan peristiwa nyata. Ciri-ciri kalimat fakta, yaitu: 1) berdasarkan peristiwa nyata atau sudah terjadi, 2) dapat dibuktikan kebenarannya, 3) adanya data akurat berupa angka, hari, atau waktu, 4) bersifat objektif, dan 5) jawaban dari unsur Adiksimba. Opini adalah pernyataan yang menyatakan pendapat atau gagasan secara subjektif. Kalimat opini dinilai sebagai kalimat yang tidak dapat ditentukan kebenarannya. Sebuah kalimat dinyatakan sebagai opini apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 1. Belum pasti kebenarannya. 2. Bersifat subjektif dan tidak berwujud. 3. Tidak adanya data pendukung yang pasti atau tidak akurat. 4. Berisi argumen atau pendapat seseorang. 5. Berupa pemikiran. Berdasarkan penjelasan, kalimat di atas termasuk jenis kalimat fakta. Kalimat di atas merupakan kalimat akta karena memiliki ciri-cirinya, yaitu berdasarkan peristiwa nyata atau sudah terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya dalam kalimat "Satu tahun kemudian, bisnisnya mengalami kemajuan yang sangat luar biasa." Dengan demikian, kalimat di atas termasuk jenis kalimat fakta karena berisi peristiwa nyata atau sudah terjadi yang dijelaskan dengan keterangan waktu dalam kalimat di atas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

196

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

550

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan