Tissa Y

26 April 2022 00:36

Iklan

Iklan

Tissa Y

26 April 2022 00:36

Pertanyaan

SARAPAN ITU KUNCI HARI YANG PRODUKTIF Salah satu kunci untuk membangun hari yang pernah energi ialah sarapan. Sayangnya, banyak orang yang salah persepsi tentang sarapan bahkan menyepelekannya. Survey Diet Total (SDT) yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menemukan fakta bahwa pada 25.000 anak usia 6 sampai 12 tahun di 34 provinsi terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan. Bahkan, 66,8 persen anak mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi yang rendah, terutama asupan vitamin dan juga mineral. Lantas, apa manfaat sarapan dan bagaimana panduan sarapan yang tepat? Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting untuk memulai hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Menurut Jansen Ongko, M. Sc, RD, seorang praktisi gizi kebugaran, salam acara peluncuran produk Nestle NESTUM di Jakarta (5/9), menyatakan “Sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan, dan makan malam.” Melewatkan sarapan membuat tubuh menjadi lesu, tak bersemangat, dan sulit berkonsentrasi , hingga akhirnya Anda tidak produktif. Selain itu, tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan sama saja memberi kesempatan tubuh untuk dapat bertambah berat badan. Apalagi jika Anda sedang dalam program diet. Mengapa begitu? Karena saat sarapan terlupakan maka tubuh berada dalam kondisi sangat lapar. Terlebih jika aktivitas Anda di hari itu sangatlah padat dan membutuhkan energi ekstra. Kemudian yang hampir pasti terjadi ialah Anda makan dengan kalap di siang hari dengan porsi yang besar dan sumber makanan yang sembarangan. Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu. Sarapan ibarat amunisi dan bahan bakar sebelum memulai hari Anda. Untuk itu, penting jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang memang memiliki fungsi utama sebagai energi dan makanan untuk otak. Jangan lupa sertakan protein sebagai zat pembangun daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya. Selain itu, sarapan juga membantu Anda dalam mengontrol gula darah Anda lebih stabil dalam seharian kegiatan Anda. 4. Identifikasilah argumen-argumen yang terdapat dalam teks tersebut!


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

03 Agustus 2022 07:03

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah "Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu." Berikut ini penjelasannya. Argumen merupakan alasan yang digunakan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat. Adapun ciri-ciri kalimat argumentasi, yaitu berisi ide pokok, gagasan, sudut pandang dan pendapat para ahli mengenai suatu masalah. Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat argumen yang terdapat dalam teks tersebut adalah "Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah "Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu."


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

325

0.0

Jawaban terverifikasi