Sara K

29 April 2022 16:09

Pertanyaan

salju                 fenomena alamyang menarik saat musim dingin adalah salju. salju menjadi unik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya hadir secara alami di negeri empat musim atau di tempat-tempat yang sangat tinggi seperti puncak gunung jayawijaya di papua.                salju berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi. kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (yaitu temperatur saat gas berubah bentuk menjadi cair atau padat) kemudian menggumpal membentuk awan. pada saat awal pembentukan awan, massanya lebih kecil daripada massa udara sehingga massa udara tersebut mengapung di udara. namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya. awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke bumi.              partikel air yang jatuh itu adalah air mumi (belum terkotori oleh partikel lain). air mumi tidak langsung membeku pada temperatur 00 c karena pada suhu tersebut terjadi perubahan fase dari cair ke padat. untuk membuat air mumi beku, dibutuhkan temperatur lebih rendah daripada 00 c.             temperatur udara tepat di bawah awan adalah 00 c. akan tetapi temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. saat partikel-partikel air mumi tersebut bersentuhan dengan udara, air mumi tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan sehingga air  mumi dengan cepat menjadi kristal-kristal es.              partikel-partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut nukleator. selain berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan, nukleator juga berfunfgi sebagai perekat antaruap air sehingga partikel air (yang tidak mumi lagi) bergabung bersama dengan partilel air lainnya membentuk kristal lebih besar. jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal-kristal es jatuh ke tanah dalam bentuk air hujan tentukan struktur teks di atas !


17

1

Jawaban terverifikasi

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

22 Juni 2022 06:45

Jawaban terverifikasi

Struktur pada teks tersebut terdiri dari identifikasi fenomena dan deretan penjelas. Berikut adalah pembahasannya. Berikut adalah struktur teks eksplanasi. 1. Identifikasi fenomena: gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. 2. Rangkaian kejadian/deretan penjelas: berisi penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. 3. Interpretasi/simpulan: tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang dibahas dalam teks tersebut. Berikut analisis sesuai dengan teks tersebut. 1. Identifikasi fenomena: terdapat pada paragraf 1. Hal tersebut ditandai dengan gambaran umum mengenai peristiwa yang dibahas, yaitu fenomena salju, seperti pada kalimat "Fenomena alamyang menarik saat musim dingin adalah salju." 2. Deretan penjelas: terdapat pada paragraf 2 sampai paragraf 5. Hal tersebut ditandai dengan proses terjadinya salju, seperti pada kalimat "saat partikel-partikel air mumi tersebut bersentuhan dengan udara, air mumi tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain." Dengan demikian, struktur pada teks tersebut terdiri dari identifikasi fenomena dan deretan penjelas.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Taburkan bawang goreng dan mie instan siap ....disajikan. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah.... A. dan B. untuk C. bahwa D. tetapi

51

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan