Iklan

Iklan

Yunita S

04 September 2021 05:21

Pertanyaan

salah satu pemberontakan yg mengancam keutuhan bangsa dan negara pada periode 1948-1965 adalah pemberontakan Andi Aziz. jelaskan upaya pemerintah dalam penumpasan pemberontakan Andi Aziz


580

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

06 September 2021 03:44

Jawaban terverifikasi

Halo Yunita S Pemberontakan Andi Azis merupakan salah satu gerakan separatis yang berlangsung di Makassar pada tanggal 8 April 1950. Pemberontakan ini disebabkan karena kekecewaan mantan anggota Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Menurut Konferensi Meja Bundar, anggota KNIL akan bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di dalam Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). Namun, anggota KNIL menolak karena merasa APRIS didominasi TNI yang berasal dari Jawa. Andi Azis sendiri merupakan mantan perwira KNIL sekaligus yang memimpin pemberontakan ini. Pasukan Andi Azis menginginkan dipertahankannya Negara Indonesia Timur (NIT) dan tidak ingin bergabung ke dalam NKRI. Upaya pemerintah untuk menanggulangi pemberontakan ini adalah dengan mengultimatum Andi Azis agar melapor ke Jakarta dengan batas 4 x 24 jam. Namun, karena Andi Azis terlambat melapor, maka pemerintah menyatakan bahwa Andi Azis adalah pemberontak sehingga pemerintah mengirimkan pasukan ekspedisi di bawah pimpinan Kolonel Kawilarang untuk menumpas Pemberontakan Andi-Azis. Dengan demikian, upaya pemerintah untuk menanggulangi pemberontakan Andi Azis adalah dengan memberikan ultimatum kepada Andi Azis untuk melapor ke Jakarta dengan batas waktu 4 x 24 jam dan juga mengirimkan pasukan ekspedisi di bawah pimpinan Kolonel Kawilarang. Mapel: Sejarah kelas: 12 SMA Topik: Pemberontakan Dalam Negeri Semoga Membantu Ya : )


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kemunduran samudera pasai diikuti dengan perkembangan malaka sebagai pelabuhan, pusat perdagangan, dan pusat penyebaran islam yang sangat penting di asia tenggara. pada masa itu, datanglah seorang pangeran yang bernama ….

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan