Kevin F

01 Februari 2022 14:01

Iklan

Iklan

Kevin F

01 Februari 2022 14:01

Pertanyaan

Rama sangat senang bermain kelereng, ia suka menembakkan kelereng satu ke kelereng lainnya seperti gambar di bawah. Dari gambar di atas, manakah kejadian yang menunjukkan kelereng hitam terpental paling jauh, jika gaya yang diberikan oleh kelereng biru sama besar di setiap kejadian? Jelaskan!

alt

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Maiza

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

01 Agustus 2022 00:04

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah kelereng hitam terpental paling jauh pada kejadian C. Hukum II Newton berbunyi : Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultan gayanya dan berbanding terbalik dengan massa bendanya. Persamaan Hukum II Newton ΣF = ma atau a = ΣF/m dengan : F = Gaya yang bekerja pada benda (N) m = massa benda (kg) a = percepatan benda (m/s^2) Dari persamaan tersebut, maka percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda itu. a ≈ F Berdasarkan persamaan GLBB berikut, s = v0 t + 1/2 a t^2 Dimana : s = perpindahan (m) v0 = kecepatan awal benda (m/s) a = percepatan/ perlambatan (m/s2) t = waktu benda bergerak (s) Dari persamaan tersebut , maka perpindahan berbanding lurus dengan percepatan benda. s ≈ a Diketahui : Sudut antara gaya yang bekerja terhadap bidang vertikal Kejadian A, membentuk sudut θ Kejadian B, membentuk sudut 0° Kejadian B, membentuk sudut 90° Ditanya : kelereng hitam terpental paling jauh ? Penyelesaian : Jika gaya yang diberikan oleh kelereng biru sama besar di setiap kejadian, maka besar gaya dari kelereng biru yang diberikan pada kelereng hitam pada adalah sebagai berikut. Pada kejadian A, gaya yang bekerja membentuk sudut θ terhadap bidang vertikal F1 = F sin θ Pada kejadian B, gaya yang bekerja membentuk sudut 0° terhadap bidang vertikal F1 = F sin θ = F sin 0° = 0 Pada kejadian C, gaya yang bekerja membentuk sudut 90° terhadap bidang vertikal F1 = F sin θ = F sin 90° = F Percepatan kelereng hitam bergerak setelah diberi gaya berbanding lurus dengan besar gaya yang diberikan (a ≈ F). Karena perpindahan berbanding lurus dengan percepatan benda (s ≈ a), maka kelereng hitam terpental paling jauh adalah pada kejadian C. Jadi, kelereng hitam terpental paling jauh pada kejadian C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pipa U diisi dengan air dan minyak. Massa jenis air =1000 kg/m³ dan massa jenis minyak 850kg/m³ jika tinggi kolam =28cm maka selisih permukaan air dan minyak adalah

295

5.0

Jawaban terverifikasi