Lutfi L

11 Februari 2020 00:41

Pertanyaan

proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia secara berurutan


51

2

Jawaban terverifikasi

A. Ertando

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

08 Januari 2022 05:00

Jawaban terverifikasi

Halo Lutfi L, kakak coba bantu jawab ya :) Proses pencernaan pada hewan ruminansia adalah sebagai berikut. 1. Rumput atau daun dikunyah dalam mulut. 2. Makanan melewati esofagus. 3. Makanan menuju ke rumen. Di rumen terjadi pencernaan polisakarida, protein, dan fermentasi selulosa oleh enzim selulase. 4. Makanan yang sudah diproses di rumen akan menuju ke retikulum sampai menjadi bolus. 5. Makanan didorong kembali ke rongga mulut untuk dikunyah kedua kalinya sampai tekstur halus lalu ditelan kembali melewati rumen dan retikulum dan masuk ke omasum. 6. Makanan mengalami pencernaan secara kimiawi di omasum dibantu kelenjar enzim dan mengurangi kadar air. 7. Makanan menuju abomasum untuk dicerna dengan bantuan enzim dan asam klorida serta terjadi desinfeksi bakteri jahat. 8. Makanan menuju ke usus halus untuk untuk diserap sari-sari makanan dan diedarkan ke seluruh tubuh serta diubah menjadi energi. 9. Sisa proses penyerapan dikeluarkan melalui anus. Semoga jawabannya membantu ya!


Muhammad A

11 Februari 2020 01:17

Pada awalnya, makanan dicerna secara mekanis oleh mulut. Dari mulut melewati kerongkongan (esofagus), makanan masuk ke dalam rumen yang merupakan tempat penyimpanan sementara. Di rumen terjadi pencernaan protein, polisakarida dan fermentasi selulosa oleh enzim selulase yang dihasilkan oleh bakteri anaerob dan protozoa tertentu. Dari rumen, makanan diteruskan ke retikulum. Di dalam retikulum, makanan dibentuk menjadi gumpalan-gumpalan yang masih kasar disebut lobus.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

salah satu gangguan fisiologis tulang adalah hindrosefalus atau bias disebut kepala air, apakah gangguan ini berpengaru pada kerja otak

31

0.0

Jawaban terverifikasi