Siti S

30 November 2021 03:18

Iklan

Iklan

Siti S

30 November 2021 03:18

Pertanyaan

Produksi padi tahun 2009 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun 2% dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan serta pergeseran waktu panen pada 4 bulan pertama di tahun 2009. gagasan utama paragraf tersebut adalah... A. Produksi padi tahun 2009 turun akibat banjir, kekeringan dan pergeseran waktu tanam B. Produksi pada tahun 2009 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering atau turun 2% dari sebelumnya C. Adanya penyebab turunnya produksi padi yaitu banjir dan kekeringan D. Produksi padi tahun 2009 lebih jelek dibandingkan tahun sebelumnya E. Produksi padi tahun 2009 diperkirakan menurun


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Vitalianty

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

01 Desember 2021 02:21

Jawaban terverifikasi

Halo, Siti. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah pilihan E. Simak penjelasannya ya. Gagasan pokok atau gagasan utama adalah inti dari suatu pembahasan atau ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan pokok biasanya terdapat pada kalimat utama sebuah paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung gagasan pokok. Kalimat utama bukanlah kalimat pertama. Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, di tengah paragraf atau di akhir paragraf. Cara menemukan ide pokok: 1. Membaca seluruh paragraf dengan cermat 2. Mencermati kalimat pertama hingga terakhir 3. Tentukan kalimat utama 4. Tandai ide pokok 5. Tandai info penting Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada awal paragraf, yaitu "Produksi padi tahun 2009 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun 2% dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya ..." Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa produksi padi tahun 2009 diperkirakan menurun. Kalimat setelahnya merupakan kalimat penjelas mengapa produksi padi diperkirakan menurun. Berdasarkan penjelasan di atas, gagasan utama paragraf tersebut adalah produksi padi tahun 2009 diperkirakan menurun. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

509

5.0

Jawaban terverifikasi