Aling P

13 Agustus 2020 02:15

Iklan

Iklan

Aling P

13 Agustus 2020 02:15

Pertanyaan

Perubahan sosial dapat menyebabkan perubahan pada lembaga sosial. Disisi lain perubahan pada lembaga sosial dapat menyebabkan perubahan sosial. Jelaskan maksud peryataan tersebut!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Razanne

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

30 Desember 2021 08:14

Jawaban terverifikasi

Halo Aling P, Kakak bantu jawab ya! :) Jawabannya adalah karena perubahan pada suatu aspek sosial seperti pada lembaga sosial dapat menyebabkan perubahan pada aspek sosial lainnya. Begitu pula perubahan yang terjadi pada lembaga sosial dapat menyebabkan perubahan sosial lainnya. Yuk, simak penjelasan berikut! Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Perubahan sosial dapat memberi dampak baik secara positif maupun negatif bagi suatu aspek sosial tertentu. Dampak yang ada dapat memberikan efek domino sehingga perubahan sosial pada suatu aspek sosial akan berdampak pada aspek sosial lainnya, begitu pula seterusnya. Contoh dari hal ini adalah adanya perubahan sosial pada lembaga pendidikan seperti dalam bentuk mekanisme pembelajaran dari tatap muka menjadi daring dapat menyebabkan perubahan sosial dalam bentuk adanya kesenjangan sosial di antara pelajar maupun menyebabkan fenomena culture lag dapat timbul. Terima kasih sudah bertanya dan gunakan Roboguru, semoga membantu ya! :)


Iklan

Iklan

Renny A

22 Agustus 2020 02:06

ketika perubahan sosial menyebabkan perubahan pada lembaga sosial itu dikarnakan seseorang yang mengatur di lembaga sosial sudah mengikuti perubahan sosial yang terjadi sehingga lembaga sosial yang di ikuti bisa berubah secara perlahan-lahan, begitupun sebaliknya perubahan di lembaga sosial akan menyebabkan perubahan yang signifikan karna lembaga sosial merupakan salah satu acuan masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan tiga persaratan penting dalam me dalami penelitian

2

0.0

Jawaban terverifikasi