Python M

24 April 2022 07:05

Pertanyaan

Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada proses pernapasan. (1) Otot antartulang rusuk berelaksasi. (2) Otot diafragma berelaksasi. (3) Volume rongga dada mengecil. (4) Diafragma mendatar. (5) Tulang rusuk terangkat. Peristiwa yang terjadi pada ekspirasi per- napasan dada, yaitu . a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (1), (3), dan (5) d. (2), (3), dan (4) e. (2), (4), dan (5)


194

1

Jawaban terverifikasi

N. Nopriliansyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

24 April 2022 08:55

Jawaban terverifikasi

Halo Python, kakak bantu jawab yaa :) Jawaban yang tepat adalah opsi B. (1) dan (3). Saat ekspirasi, otot antar tulang rusuk relaksasi menyebabkan rongga dada mengecil. Hal ini membuat tekanan udara paru-paru naik sehingga udara keluar dan terjadilah ekspirasi. Pada pernapasan dada, saat inspirasi otot antar tulang rusuk berkontraksi menyebabkan rongga dada membesar. Keadaan ini membuat tekanan udara paru-paru mengecil sehingga udara masuk dan terjadilah inspirasi. Satu siklus respirasi tunggal terdiri atas inhalasi (inspirasi) dan ekshalasi (ekspirasi). Keduanya melibatkan perubahan volume paru-paru. Perubahan ini menciptakan gradien tekanan yang memindahkan udara keluar atau masuk paru-paru. Mekanisme pernapasan dibedakan atas dua macam, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan dibawah ini! 1)Reproduksi seksual dan aseksual; 2)Memiliki dinding sel; 3)Memiliki klorofil; 4)Bersifat uniseluler; 5)Berkembang biak dengan spora; 6)Merupakan prokariotik; 7)Merupakan eukariotik; 8)Mempunyai mitokondria; 9)Tidak mempunyai RE; Yang membedakan protista dari bakteri adalah: A. 1, 2, 3. B. 2, 3, 4. C. 2, 5, 6. D. 3, 6, 9. E. 1, 7, 8.

48

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan