Fadelia B

04 April 2022 07:37

Iklan

Iklan

Fadelia B

04 April 2022 07:37

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan di bawah ini! “Kemudian pada bulan Oktober terjadi kenaikan jumlah titik kebakaran yang cukup signifikan di Provinsi Riau, Sumatra Barat, dan Jambi.” Apakah pernyataan tersebut termasuk fakta atau opini?


65

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

04 April 2022 08:54

Jawaban terverifikasi

Halo Fadelia B, terima kasih telah bertanya di Roboguru :) Pernyataan di atas termasuk ke dalam fakta. Berikut penjelasannya. Fakta adalah segala hal yang dapat ditangkap oleh indra manusia berupa data dari keadaan nyata yang telah terbukti kebenarannya. Ciri-ciri fakta: 1. Informasi berasal dari kejadian yang sebenarnya. 2. Dapat dibuktikan kebenarannya. 3. Berisi data-data yang akurat. 4. Bersifat objektif. Opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan yang pernah ataupun belum terjadi. Opini sangat dipengaruhi oleh perasaan, pemikiran, perspektif, keinginan, sikap, pengalaman, pemahaman, keyakinan setiap individu. Ciri-ciri Opini : 1. Tidak dapat dibuktikan kebenarannya. 2. Bersifat subjektif dan biasanya disertai dengan pendapat, saran, dan uraian yang menjelaskan. 3. Berisi pendapat tentang peristiwa yang terjadi. 4. Menunjukkan peristiwa yang belum pasti terjadi atau terjadi dikemudian hari. Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan "Kemudian pada bulan Oktober terjadi kenaikan jumlah titik kebakaran yang cukup signifikan di Provinsi Riau, Sumatra Barat, dan Jambi.” Hal ini karena pernyataan tersebut berisi informasi berasal dari kejadian yang sebenarnya, berisi data-data yang akurat, dan bersifat objektif. Dengan demikian, pernyataan di atas termasuk ke dalam fakta. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

242

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

523

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan