Fadia R

25 Januari 2023 17:02

Iklan

Iklan

Fadia R

25 Januari 2023 17:02

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! 1) Bulan tepat berada pada bayangan inti bumi 2) Bumi tepat berada pada bayangan inti bulan 3) Bulan mengalami fase bulan mati 4) Bulan mengalami fase bulan purnama 5) Bulan tepat berada pada daerah bayangan kabur bumi 6) Bumi tepat berada pada daerah bayangan kabur bulan 7) Bulan terletak diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus 8) Bumi terletak diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus Penyebab terjadinya gerhana bulan total ditunjukkan oleh nomor .... A. 1), 3) dan 8) B. 1), 4) dan 8) C. 2), 5) dan 7) D. 2), 6) dan 7)


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kumala

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

09 Juni 2023 03:49

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Gerhana bulan merupakan gerhana yang terjadi karena bayangan bumi menutupi semua permukaan bulan. Posisi Bulan saat terjadinya gerhana berada pada satu garis lurus dan di belakang bumi. Sehingga mengakibatkan, cahaya matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi. Sedangkan gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar. Penyebab terjadinya gerhana bulan total yaitu bulan mengalami fase bulan purnama, bumi terletak diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus, dan bulan tepat berada pada bayangan inti bumi.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, penyebab terjadinya gerhana bulan total yaitu bulan tepat berada pada bayangan inti bumi, bulan mengalami fase bulan purnama, dan bumi terletak diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus. Sehingga jawabannya (B).</p>

Jawaban yang benar adalah B.

 

Gerhana bulan merupakan gerhana yang terjadi karena bayangan bumi menutupi semua permukaan bulan. Posisi Bulan saat terjadinya gerhana berada pada satu garis lurus dan di belakang bumi. Sehingga mengakibatkan, cahaya matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi. Sedangkan gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar. Penyebab terjadinya gerhana bulan total yaitu bulan mengalami fase bulan purnama, bumi terletak diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus, dan bulan tepat berada pada bayangan inti bumi.

 

Jadi, penyebab terjadinya gerhana bulan total yaitu bulan tepat berada pada bayangan inti bumi, bulan mengalami fase bulan purnama, dan bumi terletak diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus. Sehingga jawabannya (B).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

27

5.0

Jawaban terverifikasi