Iklan

Iklan

Tissa Y

23 Desember 2021 02:10

Pertanyaan

Perhatikan langkah-langkah berikut! (1) Temukan peristiwa atau kejadian. (2) Pencatatan informasi penting. (3) Pelaksanaan wawancara. (4) Pencarian sumber berita. (5) Penyusunan berita. Urutan langkah-langkah penyusunan berita yang tepat adalah .... (HOTS) a. (1)-(2)-(3) - (4) - (5) b. (1)-(3)-(2) - (4) - (5) c. (1)-(4)-(2) - (3) - (5) d. (1)-(4)-(3) - (2) - (5)


53

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Nurrohmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

23 Desember 2021 07:12

Jawaban terverifikasi

Hai Tissa Y. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru:) Jawaban untuk soal ini adalah D. Cermati pembahasan berikut. Teks berita adalah teks yang bertujuan untuk melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi yang telah atau sedang terjadi. Penulisan teks berita harus memerhatikan langkah-langkah penyusunan teks berita. Langkah-langkah penyusunan teks berita yang tepat antara lain: 1. Temukan peristiwa atau kejadian. Langkah ini merupakan langkah pertama dengan memilih peristiwa yang akan disampaikan. 2. Pencarian sumber berita. Pada tahap ini, penulis menentukan sumber berita yang akan disampaikan. Peristiwa yang disampaikan adalah peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang. 3. Pelaksanaan wawancara. Pada tahap ini, penulis berita mengamati langsung peristiwa yang terjadi. Selain itu, wawancara juga dilakukan pada orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa yang diberitakan. 4. Pencatatan informasi penting dengan kerangka 5W+1H. 5W+1H merupakan unsur berita yang terdiri dari Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), Siapa (Who), Mengapa (why), dan Bagaimana (How) fakta peristiwa itu terjadi. 5. Penyusunan berita. Mengembangkan kerangka menjadi teks berita yang utuh. Dalam penulisan ini, struktur dan kebahasaan teks berita perlu diperhatikan. Berdasarkan penjelasan di atas, urutan langkah penyusunan berita yang tepat adalah (1)-(4)-(3)-(2)-(5). Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yg dimaksud dengan teks persuatif?

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks berikut! Gunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar Bahasa Indonesia memiliki sejarah yang panjang berkaitan dengan perkembangan bahasa. Adanya bahasa Melayu yang sudah digunakan sebagai lingua franca menjadi cikal bakal bahasa Indonesia. Hingga akhirnya, bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Bahasa menunjukkan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan ldentitas nasional bangsa Indonesia. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar merupakan gerakan kesadaran nasional berupa pelestarian budaya bangsa karena bahasa adalah bagian dari budaya itu sendiri. Ayo, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar! Sudah saatnya kita sebagai warga negara Indonesia mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar karena merupakan simbol kebangsaan. Penggunaannya dalam komunikasi lisan maupun tertulis harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Hal tersebut tentu saja didukung dengan memerhatikan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa kebangsaan. Simpulan teks persuasi tersebut adalah ... a. Adanya bahasa Melayu yang sudah digunakan sebagai lingua franca menjadi cikal bakal bahasa Indonesia. b. Sudah saatnya kita sebagai warga negara Indonesia mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. c. Bahasa menunjukkan bangsa, maka bahasa Indonesia merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. d. Hingga akhirnya, bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

18

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan