Andy D

09 Februari 2022 10:28

Pertanyaan

Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 1) Menurut hasil pengamatan, angkutan umum yang melintas dalam satu jam sejumlah 14 armada. 2) Pengamatan dilakukan pada pukul 13.00-14.00 WIB. 3) Armada angkutan umum yang ditemukan bernomor 04, 06, 08, dan 09. 4) Dapat disimpulkan, akses kendaraan umum di Kota Surakarta tepatnya Jalan M.T. Haryono cukup memadai. 5) Kelompok IV kelas IX E SMP Pelita Jaya mengamati jumlah angkutan umum yang melewati Jalan M.T. Haryono, Surakarta. Susunan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan yang padu adalah .... A. 5)-1)-2)-4)-3) B. 5)-1)-2)-3)-4) C. 5)-2)-1)-3)-4) D. 5)-3)-1)-2)-4)


89

1

Jawaban terverifikasi

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

17 Februari 2022 06:06

Jawaban terverifikasi

Halo, Andy D. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab, ya. Jawabannya adalah C. Perhatikan penjelasan berikut, ya. Teks laporan pengamatan adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Berikut struktur dalam teks laporan pengamatan. 1. Judul, teks hasil observasi sudah memunculkan ciri khas dari sesuatu yang hendak diinformasikan. 2. Klasifikasi umum, berisi pengenalan fenomena benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan peryataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. 3. Deskripsi, berisi gambaran dari fenomena atau benda yang diamati dari bagian kebagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk makhluk hidup, atau kegunaannya untuk benda. 5. Penutup, berisi kesimpulan hasil pengamatan. Dalam menyusun teks laporan pengamatan, kita dapat menyesuaikan dengan struktur teks laporan. Berdasarkan penjelasan di atas, susunan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan yang padu adalah (5)-(2)-(1)-(3)-(4). Susunan ini sesuai dengan struktur dalam penulisan laporan pengamatan. Berikut susunan laporan yang tepat. 5) Kelompok IV kelas IX E SMP Pelita Jaya mengamati jumlah angkutan umum yang melewati Jalan M.T. Haryono, Surakarta. 2) Pengamatan dilakukan pada pukul 13.00-14.00 WIB. 1) Menurut hasil pengamatan, angkutan umum yang melintas dalam satu jam sejumlah 14 armada. 3) Armada angkutan umum yang ditemukan bernomor 04, 06, 08, dan 09. 4) Dapat disimpulkan, akses kendaraan umum di Kota Surakarta tepatnya Jalan M.T. Haryono cukup memadai. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. Semoga membantu :)


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Apakah yang di sajikan pada bagian argumen teks diskusi?

28

0.0

Judul Buku : Meraup Laba dari Lidah Buaya Penulis Buku : Ir. Ajat Jatnika M.Sc. dan Ir. Saptoningsih M.P Jenis Buku : Buku Fiksi Nama Penerbit : PT Agro Media Pustaka Cetakan dan Tahun Terbit : Cetakan pertama, tahun 2009 Tebal Buku/jumlah Halaman : 120 halaman Sinopsis: Lidah buaya merupakan tanaman multimanfaat. Berbagai macam sektor industri membutuhkan lidah buaya sebagai bahan baku, di antaranya industri farmasi, kosmetika, serta produk olahan makanan dan minuman. Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan dari lidah buaya, yakni dengan membudidayakannya dan membuat berbagai macam produk olahannya. Buku ini memaparkan berbagai hal yang menyangkut lidah buaya, mulai dari informasi mengenai manfaat lidah buaya, sistem budi daya (konvensional dan hidroponik) , pemeliharaan tanaman, pemanenan, pengolahan produk, hingga aspek pemasarannya. Buku ini dilengkapi juga dengan prospek laba dan analisis usaha berbisnis lidah buaya, baik budi daya maupun produk olahannya. Langkah awal untuk meraup laba sudah ada di genggaman Anda, apakah Anda siap mewujudkannya? Keunggulan Buku lsi buku ini sudah cukup lengkap, mulai dari jenis tanaman, cara pembudidayaan, pengolahan, hingga aspek pemasaran. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan dipahami. Disertai. gambar-gambar agar pembaca lebih memahami pokok bahasan yang di.baca. Disertai analisa bisnis dan pengolahan yang memilki peluang usaha. Kelemahan Buku Tidak adanya penjelasan/pembahasan pada awal bab yang berguna untuk memberikan penjelasan mengenai pokok bahasan yang sedang di.baca. Tidak adanya pembahasan mengenai manfaat dari tanaman lidah buaya tersebut secara rinci. Kesimpulan: Buku ini berisi hal-hal mengenai cara pembudidayaan lidah buaya dengan menggunakan Sistem Konvensional dan Sistem Hidroponik. Keunggulan dari Sistem Konvensional, yaitu pembudidayaannya tidak banyak memakan biaya dan hanya memerlukan lahan yang luas. Sedangkan, keunggulan Sistem Hidroponik, yaitu pemeliharaan lebih mudah, proses budidaya menjadi lebih bersih dan steril, serta tanaman lebi.h sehat dan produktivitasnya lebih tinggi. (Sumber: http://cerita-catatan-saya.blogspot. co. id/20 1 311 1/resensi-buku-pengetahuan-populer. htmI dengan gubahan seperlunya) Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai telaah buku tersebut! b. Informasi apa yang kalian dapat dari telaah buku nonfiksi tersebut?

18

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan