Jongdi J

04 Mei 2022 23:30

Iklan

Iklan

Jongdi J

04 Mei 2022 23:30

Pertanyaan

Perhatikan gurindam berikut! Sebelum berbicara pikir dahulu Agar tak melukai hati temanmu Kalau berbicara semaumu Tentulah banyak orang yang membencimu Bagian mana yang dianggap jawaban pada gurindam tersebut?


14

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Bahly

11 Juni 2022 02:04

Jawaban terverifikasi

Bagian yang dianggap jawaban pada gurindam tersebut adalah larik 2 dan 4. Pembahasan: Gurindam merupakan salah satu jenis puisi rakyat yang berasal dari India. Ciri-ciri gurindam diuraikan sebagai berikut. - Satu bait terdiri atas dua larik - Setiap larik terdiri atas 10-14 suku kata - Menggunakan rima sama, a-a - Larik-lariknya memiliki hubungan sebab-akibat - Larik satu merupakan soal atau masalah - Larik dua merupakan solusi atau jawaban Gurindam di atas terdiri atas dua bait. Berdasarkan ciri-ciri gurindam, maka bagian yang dianggap jawaban terdapat pada larik 2 dan 4. Dengan demikian, bagian yang dianggap jawaban pada gurindam tersebut adalah larik 2 dan 4.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

183

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

477

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan