Yuki Y

23 Desember 2021 15:57

Iklan

Iklan

Yuki Y

23 Desember 2021 15:57

Pertanyaan

Perhatikan gambar di samping! Benda A, B, dan C berada dalam zat cair yang sama. Apakah setiap benda yang massanya besar selalu tenggelam dalam zat cair?

alt

16

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Gede

19 Juli 2022 22:42

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah tidak selalu tenggelam Konsep yang digunakan dalam menjawab soal ini adalah prinsip Hukum Archimedes. Benda dikatakan mengapung jika gaya apung yang diterima benda lebih besar daripada berat benda atau massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis fluidanya. Maka, setiap benda yang massanya besar belum tentu tenggelam dalam zat cair jika gaya apung yang diterima oleh benda tersebut lebih besar daripada berat bendanya atau massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis fluida. Hal ini juga dikaitkan dengan massa jenis benda. Dimana, massa jenis adalah perbandingan antara massa benda dan volume benda. Jadi, jika massa benda tersebut besar namun volumenya lebih besar, maka massa jenis benda tersebut akan kecil sehingga benda dapat mengapung. Dengan rumus massa jenis: ρ= m/V Dengan: ρ = massa jenis (kg/m^3) m = massa benda (kg) V = volume benda (m^3) Contoh dari kasus ini adalah kapal laut dimana massanya sangat besar namun tidak tenggelam di laut akibat gaya apung yang dimiliki lebih besar daripada berat kapal tersebut serta massa jenis kapal laut lebih kecil daripada massa jenis air laut akibat volume kapal yang sangat besar. Jadi, jawaban yang tepat adalah tidak selalu tenggelam.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pipa U diisi dengan air dan minyak. Massa jenis air =1000 kg/m³ dan massa jenis minyak 850kg/m³ jika tinggi kolam =28cm maka selisih permukaan air dan minyak adalah

376

5.0

Jawaban terverifikasi