Gita N

28 Januari 2023 04:40

Iklan

Iklan

Gita N

28 Januari 2023 04:40

Pertanyaan

Perhatikan cuplikan artikel berikut ini ! NASA Mengumumkan Misi Baru Dragonfly Ke Satelit Saturnus Titan. Wahana Dragonfly bakal menjadi pendarat rotorcraft, seperti quadcopter besar dengan rotor ganda, yaitu sebuah octocopter. Konfigurasi rotor yang berlebihan akan memungkinkan misi untuk mentolerir hilangnya setidaknya satu rotor atau motor. Masing masing dari delapan rotor pesawat akan berdiameter sekitar 1 m (3,3 kaki). Wahana akan terbang dengan kecepatan sekitar 10 m/s (36 km/jam atau 22 mph) dan naik ke ketinggian hingga 4 km. Secara aerodinamis, penerbangan di Titan tidaklah berbahaya karena Titan memiliki gravitasi rendah dan sedikit angin. Atmosfernya juga cukup padat yang memungkinkan propulsi rotor yang efisien. Pesawat ini akan di rancang untuk beroperasi di lingkungan radiasi ruang angkasa dengan suhu rata-rata mencapai – 179,2°C. Dari cuplikan artikel di atas, kelompokan besaran besaran tersebut kedalam besaran pokok dan turunan!


0

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Herdianira

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

05 Mei 2023 15:07

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah: besaran pokok = diameter (panjang), ketinggian (panjang), suhu. besaran turunan = kecepatan. Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya ditetapkan terlebih dahulu sehingga tidak bergantung pada besaran lainnya. Contoh besaran pokok: 1. Panjang 2. Massa 3. Waktu 4. Suhu 5. Jumlah zat 6. Kuat arus listrik 7. Intensitas cahaya Besaran turunan merupakan besaran yang dapat diturunkan dan didefinisikan dari besaran-besaran pokok yang ada. Contoh besaran turunan: 1. Luas 2. Volume 3. Kecepatan 4. Percepatan 5. Gaya 6. Usaha Diketahui: Cuplikan artikel Ditanya: Besaran pokok = ..... Besaran turunan = ..... Jawab: Besaran pokok = diameter (panjang), ketinggian (panjang), suhu. Besaran turunan = kecepatan. Jadi, dari cuplikan artikel di atas: besaran pokok = diameter (panjang), ketinggian (panjang), suhu. besaran turunan = kecepatan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

31

1.0

Jawaban terverifikasi