Aira B

31 Agustus 2021 05:01

Iklan

Iklan

Aira B

31 Agustus 2021 05:01

Pertanyaan

Perhatikan cerita berikut !Bantuan yang Tak Terduga Galih mengamati gerbang sekolahnya dengan hati-hati dari balik dinding kelas I. Sudah setengah jam ia berdiri di situ, menunggu semua temannya tak tampak di gerbang sekolah. Sepertinya sudah sepi, pikirnya. Dengan menghela napas panjang, ia berjalan cepat ke arah gerbang."Hei! Kok baru keluar, Lih?" tanya Arkan tiba-tiba dari balik dinding sebelah gerbang."Aku piket dulu tadi," kata Galih dengan terbata-bata."Piket atau piket? Yang lainnya sudah keluar dari tadi lho," kata Riwu menggoda.Galih terdiam. Dadanya berdegup kencang."Lih, mana janjimu?" tanya Naufal sambil mendekati Galih. Arkan dan Riwu pun berdiri mendekati Galih."Janji apa? Aku tidak pernah janji apa-apa!" kata Galih."Kamu sudah berjanji akan memberikan kami uang sepuluh ribu setiap hari Jumat," kata Riwu."Aku bilang aku tidak bisa. Uang darimana? Ibuku hanya memberiku sangu 3000 per hari," kata Galih marah."Bisa tidak bisa, harus bisa!" kata Naufal yang berbadan besar sambil mendorong lengan Galih.Galih terdorong ke dinding gerbang. Ia tidak tahu harus bagaimana menghadapi ketiga temannya yang bertubuh lebih besar daripadanya. Ia menatap sekeliling. Sekolah telah sepi. Percuma jika ia berteriak meminta tolong."Ayo, Lih! Mana uangnya!" paksa Arkan sambil memegang kerah baju Galih.Galih memejamkan mata. Ia tidak punya uang sebanyak itu. Ia pun tidak mungkin meminta ibunya yang hanya berpenghasilan cukup untuk makan mereka saja. Galih berdoa di dalam hati, semoga ada yang membantunya. Duuuughhh! Tiba-tiba saja terdengar suara keras dari samping kanan Galih. Galih membuka matanya. Di depannya telah berdiri tokoh yang baru saja dibaca bukunya semalam: Wiro Sableng. Dengan ikat kepalanya yang putih dan pakaian putih yang dipakainya, ia yakin dia pasti Wiro Sableng. Belum lagi kapak bertuliskan 212 yang terselip di pinggangnya."Bocah cilik kok sudah jadi preman! Besarnya mau jadi apa?!" kata Wiro Sableng tegas.Arkan, Riwu, dan Naufal berjalan mundur ketika melihat Wiro Sableng yang tampak sangat gagah dan berwibawa."Pulang sana! Belajar yang benar! Biar jadi orang yang berguna, bukan jadi preman!" kata Wiro Sableng dengan keras.Mereka bertiga pun berlari sekencang-kencangnya menjauh dari Galih dan Wiro Sableng. Galih dengan pelan-pelan menarik lengan baju putih Wiro Sableng."Wi..wiro Sa..sableng?" kata Galih terbata-bata."Kamu juga! Belajar yang giat dan jadi anak yang berani. Biar tidak ditindas sama teman-temanmu!" kata Wiro Sableng sambil berjalan ke arah berlawanan dengan larinya Arkan, Riwu, dan Naufal. Dan menghilang setelah sepuluh langkah. SEBUTKAN ALUR YANG ADA DI CERITA TERSEBUT?SEBUTKAN AMANAT YANG ADA DI CERITA TERSEBUT?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

31 Agustus 2021 06:53

Jawaban terverifikasi

Kelas: 7 Topik: Teks Cerita Fantasi Hai Aira B. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks cerita fantasi adalah teks yang menyajikan cerita khayalan atau cerita yang berdasarkan imajinasi pengarang. Ciri-ciri teks cerita fantasi ditandai dengan adanya keajaiban, keanehan, kemisteriusan, ide cerita berasal daya khayal penulis, tokoh yang unik, bisa menggunakan latar lintas ruang dan waktu. Unsur-unsur dalam teks cerita fantasi adalah (1) tema: ide cerita yang dikembangan di dalam teks; (2) tokoh: pemeran atau orang yang terlibat di dalam cerita; (3) penokohan: karakter yang dilakoni oleh tokoh cerita; (4) latar: tempat, waktu, suasana cerita; (5) alur: jalan cerita yang mengurutkan rangkaian peristiwa di dalam cerita; (6) sudut pandang, cara penulis menyampaikan isi cerita; (7) amanat: pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca; (8) nilai kehidupan, seperti nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, dan nilai agama. Berdasarkan latar cerita, teks cerita fantasi dapat dibagi atas dua kategori saja, yaitu cerita fantasi sezaman dan cerita fantasi lintas waktu. Jenis teks cerita fantasi juga dibagi berdasarkan isi cerita, (1) cerita fantasi total jika semua isi cerita merupakan dunia fantasi dan (2) cerita fantasi irisan jika sebagian isi cerita berkisah tentang dunia nyata dan sebagian berkisah tentang dunia fantasi. Teks cerita fantasi di atas merupakan cerita fantasi irisan yang berlatar belakang kehidupan sesusungguhnya, tetapi ada tokoh unik atau tokoh fantasi yang dihadirkan, yaitu Wiro Sableng. Teks di atas menceritakan tentang Galih yang sering ditindas dan dipajak oleh teman-temannya hingga suatu saat Galih mendapat bantuan tak terduga dari Wiro Sableng. Alur yang digunakan dalam teks cerita fantasi di atas adalah alur maju karena rangkaian peristiwa yang diceritakan terus bergera maju mulai dari Galih yang bersembunyi, keluar ke gerbang, bertemu teman-temannya, Galih ditindas, munculnya Wiro Sableng, dan sampai Wiro Sableng menghilang. Dengan demikian, alur yang ada di cerita tersebut adalah alur maju dan amanat yang dapat diambil adalah jangan pernah menindas teman, rajinlah belajar, dan jadilah pemberani untuk melawan perundung.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

242

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

523

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan