Difi W

17 Maret 2020 01:31

Iklan

Iklan

Difi W

17 Maret 2020 01:31

Pertanyaan

penggunaan tanda baca yang benar terdapat pada kalimat A. Andi bertanya,"Kapan kita liburan ke Bali?" B.Devinda berkata:"Ayah belum berangkat ke kantor." C.Reihan berkata,"Adik sedang menonton televisi." D.Tanti bertanya,"Siapa yang mbuat kue ini!"


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Dwiky

01 Maret 2022 05:08

Jawaban terverifikasi

Halo, Difi W. Terima kasih telah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab ya. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A dan C. Mari kita simak pembahasan berikut ini. Tanda baca ialah simbol yang tidak ada hubungannya dengan suara, kata, atau frasa dalam suatu bahasa. Penggunaan tanda baca mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penggunaan tanda baca dalam kalimat langsung perlu diketahui dan diperhatikan. 1) Penulisan tanda baca koma (,) pada kalimat langsung terletak sebelum kutipan dialog. Contoh: Ayah bertanya, "Bagaimana hasil belajar kamu semester ini?" 2) Penggunaan tanda baca tanda tanya (?) digunakan untuk menanyakan sesuatu pada lawan bicara. Contoh: Rina bertanya, "Apakah kamu ingin pergi berbelanja?" 3) Penggunaan tanda baca titik (.) digunakan untuk mengakhiri pembicaraan atau memberikan informasi. Contoh: Tino berkata, "Nanti sore kita kumpul jam 15.00." Penggunaan tanda baca yang benar terdapat pada kalimat di jawaban A dan C. - Andi bertanya, "Kapan kita liburan ke Bali?" Dalam kalimat tersebut penggunaan tanda baca koma diletakkan sebelum kutipan dialog. Tanda baca tanda tanya di akhir dialog sesuai dengan kutipan 'bertanya'. - Reihan berkata, "Adik sedang menonton televisi." Dalam kalimat tersebut penggunaan tanda baca koma diletakkan sebelum kutipan dialog. Tanda baca titik di akhir dialog sesuai dengan kutipan 'berkata' yang menyampaikan informasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A dan C. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam suatu diskusi kls terjadi salah paham antara Maman dan Rina ,sampai terjadi perang mulut ,akhirnya kls pun menjadi riuh dng suara yg tdk karuan ,,Budi sebagai ketua diskusi mengambil keputusan tepat ,,masalah diselesaikan dng musyawarah menggunakan sistem voting untuk mencapai mufakat ,,akhirnya anak" senang karena semua menerima hasil voting ,, Buatlah 10 pertanyaan dr situasi diskusi diatas ,

3

5.0

Lihat jawaban (2)