Srihartanti S

13 Maret 2020 13:40

Pertanyaan

Penggunaan tanda baca titik dua [ : ] pada kalimat berikut yang benar adalah... A.barang barang yang kita perlukan sekarang adalah perabot rumah tangga: kursi,meja,dan lemari. B. Sekolah itu : mempunyai tiga kelas , kelas satu,kelas dua,kelas tiga. C. Ibu memesan kue : buah buahan, sayuran,minuman D. Kata ibu : saya gembira sekali karena kamu lulus.


28

2

Jawaban terverifikasi

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

14 Januari 2022 08:05

Jawaban terverifikasi

Halo Srihartanti S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah pilihan A. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Kalimat dalam bahasa Indonesia haruslah baik dan benar. Baik berarti bisa menyampaikan informasi secara tepat dan benar berarti sesuai dengan aturan berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tanda titik dua termasuk ke dalam salah satu kaidah dalam PUEBI. Berikut adalah beberapa pemakaian titik dua. 1. Titik dua digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan. 2. Titik dua tidak dipakai jika perincian tersebut merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan. 3. Titik dua digunakan sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian. 4. Titik dua digunakan dalam naskah drama sesudah kata yang menunjukan tokoh dalam cerita. 5. Titik dua digunakan di antara jilid atau nomor halaman, surat dan ayat dalam kitab suci, judul dan anak judul suatu karangan, serta nama kota dan penerbit dalam daftar pustaka. Penggunaan titik dua yang tepat pada pilihan tersebut adalah "Barang barang yang kita perlukan sekarang adalah perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari." Kalimat tersebut memenuhi salah satu penggunaan titik dua, yaitu titik dua digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. Semoga membantu ya :)


Iklan

Arifa R

13 Maret 2020 21:49

a


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Utara. Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter dengan tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah menunjuk arah setinggi 4,40 meter. Paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian..

34

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan