Sarah S

27 Maret 2022 18:21

Iklan

Iklan

Sarah S

27 Maret 2022 18:21

Pertanyaan

Pendidikan multikultural perlu diberikan kepada generasi penerus bangsa Indonesia mulai jenjang pendidikan taman kanak-kanak hingga pendidikan tinggi. Salah satu tujuan pendidikan multikultural adalah..


58

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Nisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

02 April 2022 11:39

Jawaban terverifikasi

Halo Sarah S, kakak bantu jawab ya! Jawaban dari pertanyaan di atas adalah memberi pemahaman kepada masyarakat agar saling menghargai perbedaan. Berikut penjelasannya ya! Multikultural berasal dari kata "multi" yang berarti banyak atau beragam, dan "kultural" yang berarti kultur atau budaya. Dengan demikian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri atas beragam sistem norma dan budaya yang berbeda-beda. Di dalam konsep masyarakat multikultural perbedaan-perbedaan yang ada dipandang sebagai kesederajatan. Jadi, semua perbedaan adalah sederajat. Karena dipandang sederajat maka tidak ada yang mengekang atau menguasai antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Apabila perbedaan ini tidak dihargai, tentu dapat mengganggu persatuan dan kesatuan yang telah terbentuk. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pendidikan multikultural yang mampu menyatukan negeri ini di balik segala ke-bhinneka-annya. Adapun tujuan dari pendidikan multikural, yaitu: 1. Menekankan sikap empati. 2. Meningkatkan kepercayaan diri, 3. Menambah paparan keberagaman. 4. Mengintegrasikan konten yang diberikan. 5. Membangun pengetahuan. 6. Menanamkan persamaan-persamaan universal. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru. Semoga membantu ya! :)


Iklan

Iklan

Misbahul M

25 Juni 2022 16:53

Guru adalah kunci utama dalam implementasi pendidikan multikultural disekolah, apakah menurut anda guru yang diberikan kebebasan dalam model implementasi pendidikan multikultural dikelas bisa menghasilkan kualitas nilai-nilai multikultural yang maksimal ?


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

282

0.0

Jawaban terverifikasi