Novita R

16 Januari 2020 01:36

Pertanyaan

pembayaran dengab menggunakan kartu termasuk pembayaran nontunai. jelaskan mengapa masyarakat dalat melakukan pembayaran dengan kartu! apakah kartu tersebut bisa disebut uang


11

3

Jawaban terverifikasi

M. Rizky

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Bandung

22 Desember 2021 14:11

Jawaban terverifikasi

Halo Novita, kakak bantu jawab ya. Jawaban: Masyarakat dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu karena kartu tersebut merupakan representasi dari tabungan yang dimilikinya di bank. Kartu ini sering disebut kartu debit. Kartu ini dapat menggantikan uang sebagai sarana untuk melakukan transaksi. Namun, kartu ini tidak dapat dikatakan sebagai uang karena fungsinya hanya sebagai perantara pengganti. Penjelasan: Uang merupakan benda yang diakkui oleh masyarakat umum sebagai alat tukar, penilai, dan penimbun kekayaan. Macam macam uang ada dua yakni uang kartal dan uang giral. Uang kartal merupakan uang yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh Bank Sentral suatu negara dan diakui sebagai alat tukar. Di indonesia uang kartal yang berlaku yakni uang kertas dan uang koin. Sedangkan, uang giral yakni dana tabungan masyarakat yang disimpan di Bank-Bank dalam bentuk tabungan, deposito, giro. Berdasarkan penjelasan tersebut maka transaksi yang dilakukan masyarakat saat ini menggunakan kartu merupakan bentuk dari penggunaan uang giral. karena kartu yang digunakan hanya alat untuk membuktikan kepemilikan tabungan di bank. Jadi, Masyarakat dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu karena kartu tersebut merupakan representasi dari tabungan yang dimilikinya di bank. Kartu ini sering disebut kartu debit. Kartu ini dapat menggantikan uang sebagai sarana untuk melakukan transaksi. Namun, kartu ini tidak dapat dikatakan sebagai uang karena fungsinya hanya sebagai perantara pengganti. Semoga membantu jawabannya, terima kasih.


Iklan

ANANDITO D

29 Januari 2020 13:25

-Agar memudahkan saat membayar sesuatu dan tidak perlu uang tunai. -bisa, tapi fungsinya hanya untuk pengganti uang tunai.


Julius L

29 Januari 2020 12:41

tidak karena uang merupakan transaksi tunai, contoh transaksi non tunai adalah kartu credit, kartu debit, dll


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

tuliskan tugas batik sentral

5

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan