Anji V

12 Januari 2022 02:14

Iklan

Iklan

Anji V

12 Januari 2022 02:14

Pertanyaan

Pantun 1 Bangun pagi dengan hati berseri Bunga mawar merah merekah Pergi belanja ke warung Bu Leni Membeli bayam merah tuk menambah darah Pantun 2 Hai Rasti selamat pagi Senang hati aku disapa Ayo ikut bersepeda pagi Badan sehat hati berbunga 3. Sebutkanlah amanat pantun di atas!


24

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

15 Januari 2022 03:35

Jawaban terverifikasi

Hai, Anji V . Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah amanat pada pantun 1, mengajak pembaca membeli dan mengonsumsi bayam merah untuk menambah darah. Amanat pada pantun 2, mengajak pembaca bersepeda pagi agar badan sehat dan hati gembira. Berikut ini penjelasannya: Amanat adalah suatu pesan moral atau nasihat yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pendengar/pembaca. Amanat juga bisa diartikan sebuah tujuan dan maksud dari penulis dalam menuliskan sesuatu. Berdasarkan penjelasan di atas, amanat yang terdapat pada pantun (1) dan pantun (2) yaitu: - Amanat 1: Mengajak pembaca membeli dan mengonsumsi bayam merah untuk menambah darah. Hal ini dibuktikan pada isi pantun yang berbunyi: “Pergi belanja ke warung Bu Leni. Membeli bayam merah tuk menambah darah.” - Amanat 2: Mengajak pembaca bersepeda pagi agar badan sehat dan hati gembira. Hal ini dibuktikan pada isi pantun yang berbunyi: “Ayo ikut bersepeda pagi. Badan sehat hati berbunga.” Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah amanat pada pantun 1, mengajak pembaca membeli dan mengonsumsi bayam merah untuk menambah darah. Amanat pada pantun 2, mengajak pembaca bersepeda pagi agar badan sehat dan hati gembira. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

196

5.0

Jawaban terverifikasi